Perubahan EKG pada Pasien Pielonefritis - Diskusi Dokter

general_alomedika

Dear TS, Saat ini saya sedang menangani seorang pasien wanita 42 tahun, yang mengeluh demam dan berdebar-debar. OS terdiagnosa pielonefritis dan sedang...

Diskusi Dokter

  • Perubahan EKG pada Pasien Pielonefritis

  •   Willy
    Anggota

    Dear TS,

    Saat ini saya sedang menangani seorang pasien wanita 42 tahun, yang mengeluh demam dan berdebar-debar. OS terdiagnosa pielonefritis dan sedang diberikan terapi antibiotik IV.

    Dari pemeriksaan tanda vital ditemukan suhu 39 C dan HR 110 x/menit

     

    Saya sudah lakukan pemeriksaan EKG (hasil seperti di gambar) dan hasil troponin normal. Saat ini saya sedang menunggu review dari cardiologist. Kira-kira ada gambaran apa di EKG ini? Mohon advicenya. Terima kasih.

    Hallo dokter willy, 

    Kalau saya lihat dari hasil EKG nya mengarah ke sindrom Brugada, dok. Dimana terdapat ST Elevasi di V1 dan V2 (lebih mudah terlihat di V2), dengan karakteristik coved type ST elevasi. Hal ini diperkuat dengan adanya keluhan demam pada pasien ini. Untuk  kasus ini, sebaiknya dirujuk ke spesialis jantung, untuk tatalaksana lebih lanjut, dok, dan untuk pertimbangan pemasangan ICD (Impantable Cardioverter Defibrilator).

    Demikian, semoga membantu.

    Dear dr. Willy,

    Dari gambaran EKG, cukup khas gambaran Bugadra Syndrome tipe 1 ya. Saya setuju dengan pendapat dr. Ruth Hutagalung untuk rencana pemasangan ICD. Karena kondisi ini biasanya herediter, kalau boleh saya sarankan, lakukan juga skrining untuk anggota keluarga yang memiliki hubungan darah. 

    Salam sejawat,