Bagaimana pemilihan obat untuk diresepkan melalui telemedicine dengan adanya kendala biaya pasien - Diskusi Dokter

general_alomedika

Saya tidak tahu apakah saat ini sudah mulai Peresepan online oleh dokter di alodokter seperti di aplikasi lainnya, tapi ada beberapa user yang mengeluhkan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Bagaimana pemilihan obat untuk diresepkan melalui telemedicine dengan adanya kendala biaya pasien

    08 Juni 2020, 15:35

    Saya tidak tahu apakah saat ini sudah mulai Peresepan online oleh dokter di alodokter seperti di aplikasi lainnya, tapi ada beberapa user yang mengeluhkan mahalnya biaya obat yang diresepkan secara online, yang mungkin user dapat dari aplikasi alomedika/aplikasi online lainnya, mungkin khusus teman sejawat di alodokter bisa lebih bijak dalam pemilihan obat dan utamakan edukasi untuk penyakit yang masih bisa dengan pola hidup sehat, kecuali memang benar benar diperlukan pengobatan, karena ini juga mempengaruhi rating penilaian kami yang harus memberikan edukasi dan penyuluhan di alomedika. User yang merasa diresepkan obat yang mahal oleh teman sejawat lain, sering komplain kepada kami, tentu kami usahakan jawab semampu kami, tapi tidak semua user alomedika dapat menerima diresepkan obat yang mahal (user keberatan harga obat yang diresepkam oleh teman sejawat lain). Mohon kerjasamanya ya dok 🙏 (terlampir contoh pertanyaan user)

08 Juni 2020, 15:53

Alo dr. Yoshua Viventius, 

Sebelumnya terima kasih dr. Yoshua dan sejawat lain yang telah tetap memberikan informasi lanjutan kepada pengguna perihal peresepan online yang didapat.

Terkait hal yang menjadi kekhawatiran Dokter, tentu menjadi garis besar ketentuan peresepan online dimana peresepan online diberikan sesuai dengan indikasi dan aadanya rules & guideline khusus mengenai hal tersebut. Perihal peresepan online, saat ini sudah bisa di Chat bersama Dokter, jika Dokter atau sejawat lain ingat, terdapat diskusi juga mengenai hal tersebut dan beberapa topik mengenai peresepan online dalam forum diskusi Alomedika ini, berikut link nya:

1. https://www.alomedika.com/komunitas/topic/peresepan-online-panduan-bagi-dokter

2. https://www.alomedika.com/komunitas/topic/hal-penting-sebelum-membuat-resep-online

Seperti yang dr. Yoshua sampaikan, hal ini juga penting untuk diketahui sejawat semua yang tergabung dalam Interactive Medical Advisor di Chat Bersama Dokter. Sesuai dengan panduan peresepan online betul sekali perlu ditelaah indikasi dan kontraindikasinya, serta sebisa mungkin menuliskan nama generik obatnya, dan juga tentunya perlu komunikasi yang baik antara Dokter-pengguna sebelum dan sesudah peresepan. 

08 Juni 2020, 15:55
Terimakasih dr. Ayu atas konfirmasinya 🙏