Hal penting sebelum membuat resep online - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO Dokter,Seiring dengan adanya fitur e-prescription bagi Dokter Umum yang ber-SIP dan Dokter Spesialis dalam Chat Bersama Dokter, hal ini perlu menjadi...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Hal penting sebelum membuat resep online

    15 April 2020, 12:21

    ALO Dokter,

    Seiring dengan adanya fitur e-prescription bagi Dokter Umum yang ber-SIP dan Dokter Spesialis dalam Chat Bersama Dokter, hal ini perlu menjadi perhatian bagi sejawat sekalian yang hendak meresepkan obat secara online. Adanya fitur tersebut bukan berarti Dokter melakukan peresepan online pada setiap pasien dengan berlebihan. Terlebih dalam konsultasi secara online, dimana Dokter tidak bertemu pasien secara langsung, Dokter perlu memastikan beberapa hal, yaitu:


    • Melakukan anamnesis dengan baik, sehingga diperoleh working diagnosis yang tajam (misalnya: apakah saat ini pasien benar-benar mengalami gejala yang dikeluhkan, pada kasus kulit bisa dimintakan foto lesi, pada kasus demam dapat memastikan apakah diukur suhu)
    • Menanyakan precaution obat sebelum melakukan peresepan (meliputi: alergi obat, kehamilan/program hamil, menyusui, obat-obatan rutin diminum sebelumnya) dan memberikan waktu bagi pasien untuk menjawab hal tersebut untuk memastikan keamanan obat yang akan diresepkan
    • Memastikan kembali identitas pasien, sehingga resep online yang akan ditebus sesuai dengan pasien yang akan mengonsumsi obat tersebut.
    • Melakukan peresepan sesuai dengan evidence-based serta melengkapi nama, sediaan, dosis, dan durasi pemberian obat tersebut. 

    

    Kami berharap bahwa dengan Dokter turut memerhatikan kembali hal-hal penting sebelum meresepkan secara online, baik keselamatan pasien yang diresepkan maupun dokter yang meresepkan akan senantiasa terjaga. Apakah sejawat sekalian memiliki masukan terkait hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum meresepkan secara online? Bagi Dokter/Dokter spesialis yang telah melakukan peresepan online apakah ada sharing pengalaman, Dok?

15 April 2020, 12:42

Terima kasih atas sharing-nya dr. Ayu.

Setuju sekali, Dok, dalam peresepan inti tentu bermanfaat tapi tetap pastikan perlu didahului dengan peniliaian klinis yang baik dan prinsip mengutamakan keselamatan pasien.

Serta di sini yang perlu diperhatikan tentunya dalam pemberian obat label merah/obat keras seperti antibiotik ya, Dok, perlu dipertimbangkan dengan baik apakah pasien betul-betul memerlukan obat tersebut, sehingga nantinya pun resep yang kita berikan menjadi lebih rasional.