Perempuan usia 63 tahun dengan gatal pada bagian wajah sebelah kanan dan daerah lipatan ketiak - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter,Izin bertanyaPasien perempuan usia 63 tahun mengeluhkan muncul kemerahan dan terasa sangat gatal pada bagian wajah sebelah kanan sampai lipatan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Perempuan usia 63 tahun dengan gatal pada bagian wajah sebelah kanan dan daerah lipatan ketiak

    21 Februari 2022, 15:14

    Alo dokter,

    Izin bertanya

    Pasien perempuan usia 63 tahun mengeluhkan muncul kemerahan dan terasa sangat gatal pada bagian wajah sebelah kanan sampai lipatan leher kanan dan pada daerah sekitar lipatan ketiak sebelah kiri. Kemerahan di wajah dan gatal sudah sangat lama sekitar hampir 2 tahun dan sudah berobat ke beberapa dokter umum, namun belum ada perubahan. Rwyt penggunaan produk kosmetik disangkal.

    Pasien memiliki tinggi badan 148 cm dengan berat badan 79 kg, ( overweight )

    Berikut saya sertakan gambar untuk kelainan kulit yg ada dibagian wajah. Namun untuk daerah lipatan ketiak kiri sy lupa memfotonya, namun menurut saya jntuk daerah lipatan ketiak ditemukan ukk central healing (+) dengan lesi satelit yg mengarah ke infeksi jamur.

    Pertanyaan saya

    Apakah kemungkinan diagnosa untuk lesi daerah wajah pasien?

    Bagaimana tatalaksana yg tepat? Jika ini adalah tinea corporis apakah diperlukan obat antijamur oral atau cukup topikal atau kombinasi keduanya?

    Terimakasih­čÖĆ

21 Februari 2022, 16:05

Alo dr. Athia, izin bantu menjawab dan ikut berdiskusi ya Dok.

Terkait keluhan di wajah mungkin perlu disingkirkan dulu beberapa kemungkinan diagnosis banding lain seperti dermatitis kontak iritan atau alergi, atau pada keluhan kronik menahun dapat juga diambil kemungkinan seperti adakah psoriasis atau kondisi sistemik lainnya. Dari riwayat pengobatan sebelumnya dan riwayat faktor risiko juga dapat digali kembali untuk memastikan kemungkinan akibat jamur.

Jika dari anamnesis dan riwayat penyakitnya lebih dicurigai ke arah tinea fasialis, dapat dipertimbangkan pemberian antifungal topikal seperti golongan azole atau Terbinafine. Pemberian terapi antifungal sistemik dapat dipertimbangkan apabila pasien tidak respons pada pengobatan topikal.

Berikut referensi yang mungkin bisa membantu Dok: https://www.alomedika.com/penyakit/dermatovenerologi/tinea-fasialis/penatalaksanaanhttps://dermnetnz.org/topics/tinea-faciei

Turut menyimak juga diskusi TS lainnya, semoga dapat menjawab Dokter. Mohon koreksi jika ada kekurangan. Terima kasih.

21 Februari 2022, 17:46
Terimakasih dr. Olvy, informasinya sangat membantu😊🙏
21 Februari 2022, 18:01
dr.Diah Puspitosari
dr.Diah Puspitosari
Dokter Spesialis Kulit
Selamat sore, ijin ikut dalam diskusi ini ya.. selama ini diberikan terapi apa saja dok?
Mengingat kelainan kulitnya yg sudah lama, sepertinya perlu dilakukan juga pemeriksaan penunjang utk membantu penegakan diagnosis. Untuk kecurigaan ke arah tinea fasialis bisa dilakukan pemeriksaan KOH.
Secara klinis sepertinya masih ada berbagai kemungkinan ya, seperti tadi ke arah dermatitis atopik, seboroik, psoriasis, mungkin juga ke arah PMLE.
Biopsi kulit utk pemeriksaan histopatologis bisa jadi diperlukan juga bila diagnosis tinea tersingkirkan.
Terima kasih
22 Februari 2022, 04:21
Pasien sudah berobat ke beberapa dokter umum, namun pasien tidak ingat nama obat obatnya dok termasuk suntikan yg pernah dilakukan sebanyak 4 kali. Baik, terimakasih dr. Diah🙏