Pemberian antibiotik untuk atasi luka robek di pipi - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, ada pasien luka robek terkena cutter di pipi dengan panjang sekitar 2 cm dan kedalaman sekitar 0,1 cm. Pasien tidak di hecting hanya dilakukan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pemberian antibiotik untuk atasi luka robek di pipi

    26 Agustus 2022, 09:23
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter, ada pasien luka robek terkena cutter di pipi dengan panjang sekitar 2 cm dan kedalaman sekitar 0,1 cm. Pasien tidak di hecting hanya dilakukan antiseptik luka dan dipasangkan plester kupu-kupu. Hingga kini pasien masih merasakan panas dan nyeri di area luka, demam (-). Yang saya mau tanyakan, kapan kira-kira antibiotik oral perlu diresepkan, apa cukup dengan antibiotik topikal saja?

26 Agustus 2022, 09:34
dr.Ade linda
dr.Ade linda
Dokter Umum
Izin bantu jawab dok..koreksi jika salah
Biasa nya pemberian antibiotik sudah bisa dari awal jika kita lihat luka potensi infeksi
Lakukan debridement juga dok untuk memastikan kondisi luka nya
26 Agustus 2022, 09:35

ALO Dokter, menurut saya untuk pemberian antibiotik per oral itu lebih ditujukan pada pasien yang dicurigai mengalami infeksi atau kontaminasi berat akibat lukanya.

Bila tujuannya sebagai profilaksis, WHO merekomendasikan antibiotik diberikan hanya pada luka yang berisiko tinggi terinfeksi, contohnya luka robek lebih besar dari 5 cm, luka tembus, trauma abdomen, multiple fracture, luka dengan kerusakan jaringan yang parah, juga pada luka pada area berisiko seperti tangan dan kaki. 

Pada pasien ini karena lukanya cukup kecil menurut saya cukup diberikan antibiotik topikal dan diberikan obat analgesik yang dapat dikonsumsi per oral. Jangan lupa juga mengikuti protokol untuk profilaksis tetanus yang selengkapnya bisa dibaca di artikel berikut: Protokol Profilaksis Tetanus https://www.alomedika.com/protokol-profilaksis-tetanus

Oh ya Dok, bila Dokter tertarik untuk mempelajari lebih lanjut terkait penanganan luka dan cara menjahit luka yang baik untuk mendapat hasil yang maksimal, Dokter bisa mengikuti Advanced Suturing Course (ASC) yang akan diadakan secara offline pada 11 september 2022 mendatang di Jakarta.

Syarat mengikuti seminar offline adalah dengan mengikuti e-course ASC secara online melalui aplikasi ALOMEDIKA terlebih dahulu.

Lakukan langkah berikut untuk mengikuti e-coursenya:

1. Buka aplikasi ALOMEDIKA di ponsel Anda

2. Buka menu "SKP" yang tertera di bawah

3. Klik "E-course"

4. Scroll hingga menemukan modul e-course Acute Suturing Course dari LSBP

5. Tonton 6 modul dan kerjakan post test di akhir setiap modul

Terimakasih^^