Peranan suplementasi Vitamin D untuk pasien Covid-19 - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Rekan-rekan Dokter, Belakangan ini saya sering mendengar tentang perlunya pemberian suplementasi vitamin D di saat pandemi Covid-19. Apakah memang...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Peranan suplementasi Vitamin D untuk pasien Covid-19

    21 Oktober 2020, 13:38

    Alo Rekan-rekan Dokter, 

    Belakangan ini saya sering mendengar tentang perlunya pemberian suplementasi vitamin D di saat pandemi Covid-19. Apakah memang pemberian vitamin D ini direkomendasikan untuk mencegah perburukan gejala pada pasien Covid-19?

     

21 Oktober 2020, 13:41
dr.Aditya Prabawa, M.Biomed., Sp.OG
dr.Aditya Prabawa, M.Biomed., Sp.OG
Dokter Spesialis Kandungan
Vitamin D memiliki sifat antiinflamasi dan imunoregulasi. Keduanya sangat penting untuk aktivasi pertahanan sistem kekebalan tubuhvitamin D juga bisa meningkatkan fungsi sel-sel kekebalan, termasuk sel-T dan makrofagBerikut saya sertakan journalnya
main(1).pdf
21 Oktober 2020, 13:48
Alo Dok, saya coba bantu ikut jawab juga ya.Vitamin D dipercaya dapat meningkatkan sistem imun, yaitu dengan menghambat sitokin proinflamasi dan meningkatkan sitokin antiinflamasi. Sudah banyak juga studi mengenai manfaat vitamin D dalam pencegahan dan terapi penyakit infeksi saluran pernapasan, seperti TBC, influenza, dan pneumonia komunitas.
Walaupun belum ada penjelasan secara spesifik efek vitamin D terhadap virus SARS-CoV-2, tetapi berbagai studi telah menunjukkan status vitamin D mempengaruhi gejala klinis serta tingkat mortalitas akibat COVID-19. Karena itu, vitamin D dinilai punya manfaat sebagai profilaksis dan terapi COVID-19. Sedangkan penelitian mengenai seberapa tinggi dosis suplementasi vitamin D yang dapat diberikan, masih menunjukkan hasil yang inkonklusif.
Referensi: https://www.alomedika.com/cme-manfaat-vitamin-d-pada-covid-19