Pentingnya pemberian informasi secara rinci mengenai kemungkinan kondisi user pasca tutup chat - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO Dokter, sama halnya ketika Dokter sedang praktik, dalam konsultasi online, Dokter juga melakukan anamnesis, dan selanjutnya Dokter memberikan gambaran...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pentingnya pemberian informasi secara rinci mengenai kemungkinan kondisi user pasca tutup chat

    14 Oktober 2020, 15:23

    ALO Dokter, sama halnya ketika Dokter sedang praktik, dalam konsultasi online, Dokter juga melakukan anamnesis, dan selanjutnya Dokter memberikan gambaran kemungkinan penyebab dan rekomendasi yang sesuai dengan kondisi user, baik berupa home treatment maupun saran untuk melakukan pemeriksaan lanjutan ke dokter. 

     

    Setelah memberikan rekomendasi, Dokter biasanya juga memberikan informasi mengenai gambaran kemungkinan yang terjadi pada user setelah tutup chat, seperti “jika belum membaik dalam tiga hari, silahkan ke Dokter” atau “Perlu pemeriksaan lebih lanjut (misalnya: ke dokter spesialis paru)”.

     

    Menurut Dokter, apakah perlu dijelaskan lebih rinci “keadaan belum membaik” itu seperti apa? Dan “pemeriksaa lanjutan” seperti apa yang akan dijalankan oleh user ketika memeriksakan ke dokter spesialis?

14 Oktober 2020, 15:42
Alo dr. Rose, Interesting insight.  Saya rasa informasi tersebut perlu disampaikan agar pasien bisa mendapatkan edukasi yang lebih lengkap dan jelas.
15 Oktober 2020, 09:40

Alo dr. Kevin, setuju ya, Dok, dengan memberikan edukasi yang lengkap dan jelas, bisa membuat pasien lebih memahami dan mewaspadai kondisinya.

14 Oktober 2020, 15:51

Alo dr. Rose 

Izin ikut berdiskusi ya dok, menurut saya penting untuk menjelaskan ke user keadaan belum membaik itu seperti apa, karena user mungkin ada yang tidak mengerti maksud dalam medis kondisi yang belum membaik yang dimaksudkan oleh dokter bagaimana. Dan untuk pemberian informasi pemeriksaan lanjutan yang akan dilakukan, agar user dapat mendapatkan gambaran dan mengerti kenapa harus ke dokter secara langsung, karena konsultasi online seperti yang kita ketahui terbatas akan pemeriksaan fisik dan penunjang. Sehingga diharapkan dengan kita memberikan info lebih rinci, user jadi lebih paham pentingnya dilakukan  pemeriksaan lanjutan 

15 Oktober 2020, 09:53

Alo dr. Yanty, terima kasih untuk masukannya, Dok! Setuju ya Dok, dengan menyamakan persepsi diharapkan user bisa lebih mengerti dan memahami rekomendasi yang diberikan oleh dokter.

14 Oktober 2020, 19:30
Setuju Dok.
Perlu diedukasi untuk evaluasi pengobatan dan kapan hrs kontrol/chat/konsultasi langsung.
15 Oktober 2020, 09:59

Alo dr. Ningrum, SpKK, setuju ya, Dok, pemberian edukasi yang lebih rinci mengenai evaluasi kondisi dan penanganan user sangat perlu diberikan, terima kasih untuk tanggapannya, Dok.

14 Oktober 2020, 20:09
dr. Soeklola SpKJ MSi
dr. Soeklola SpKJ MSi
Dokter Spesialis Psikiater
Ide dan insight yang sangat bagus dr. Rose.

Tentu pasien membutuhkan informasi demikian 🙏.
15 Oktober 2020, 09:56

Alo dr. Soeklola, SpKJ, terima kasih Dokter untuk tanggapannya!

14 Oktober 2020, 20:18
setuju dok, sehingga pasien memiliki persepsi yg sama ttg keadaan belum membaik
15 Oktober 2020, 09:42

Alo dr. Shally, setuju ya, Dok, penting sekali untuk menyamakan persepsi di dalam konsultasi online, agar pasien bisa teredukasi dengan baik.

14 Oktober 2020, 21:32
Ya, informasi seperti itu sangat penting, bahkan menurut saya, itu adalah salah satu kunci dalam hubungan terapeutik. Saran saya, gunakan parameter yang bisa diukur dengan sederhana. Contoh : untuk nyeri, gunakan persepsi skala nyeri yang sama untuk menyamakan persepsi, seperti NRS (Numerical Rating Scale).....  dengan demikian jelas jik pasien menyatakan tidak ada perbaikan, berarti skala nyeri yang tidak ada perbaikan derajatnya.... 
15 Oktober 2020, 10:02

Alo dr. Eka, SpAn, setuju sekali, Dok! Terima kasih untuk sharing dan masukannya, Dok, sangat bermanfaat!

15 Oktober 2020, 13:21
dr. Tini Sri Padmoningsih SpKJ
dr. Tini Sri Padmoningsih SpKJ
Dokter Spesialis Psikiater
Pasien sering tidak mengetahui kapan harus kembali berobat atau konsultasi ulang . Jadi pemberian informasi sangat dibutuhkan
15 Oktober 2020, 13:38

Alo dr. Tini, SpKJ, terima kasih untuk tanggapannya, Dok. Setuju ya, Dok, untuk rencana evaluasi lanjutan pasien memang sebaiknya bisa diinformasikan dengan lebih rinci dan jelas supaya pasien semakin memahami dan waspada terhadap kondisinya.