Penilaian demam tifoid melalui Widal - Diskusi Dokter

general_alomedika

Mohon penjelasannya dari ts sekalian, apakah penilaian Demam Tifoid berdasarkan tes Widal masih akurat? kira2 berapa nilai Widal yg bisa dipakai untuk...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penilaian demam tifoid melalui Widal

    21 Maret 2020, 04:16

    Mohon penjelasannya dari ts sekalian, apakah penilaian Demam Tifoid berdasarkan tes Widal masih akurat? kira2 berapa nilai Widal yg bisa dipakai untuk merujuk bahwa os benar2 DT? krn di bbrp lab. RS nilai rujukannya negatif (-), jadi apakah titer O dan H 1/40 sdh bisa di Dx sbg Tifoid atau harus dng titer 1/160 atau 1/320, dst? Terima kasih atas jawaban ts sekalian.

21 Maret 2020, 20:02

Alo dr. Nukman.

Tes widal bukan merupakan baku emas untuk mendiagnosis demam tifoid karena antigen yang digunakan tidak spesifik untuk Salmonella typhi. Namun, apabila pada faskes tersebut hanya dapat melakukan tes widal sebagai penunjang diagnosis demam tifoid, sebaiknya interpretasi tetap mempertimbangkan gejala klinis dan peningkatan titer. 

Untuk mengetahui waktu pemeriksaan yang tepat serta ketentuan peningkatan titer yang dapat dijadikan acuan diagnosis, monggo mampir di artikel Alomedika berikut, dok. Di sini sudah dibahas lengkap bahkan sampai perbandingan efektivitasnya dengan tes tubex.

https://www.alomedika.com/studi-literatur-efektivitas-tes-widal-dan-tubex-untuk-diagnosis-tifoid-di-daerah-endemik

22 Maret 2020, 16:24
dr. Raymond Suryaatmadja Sp.KK
dr. Raymond Suryaatmadja Sp.KK
Dokter Spesialis Kulit
Wh sangat bermanfaat dok🙏
22 Maret 2020, 08:58
terima kasih infonya dok 👍🏽