Penetuan seseorang dapat dikatakan hipertensi apakah terdapat persyaratan tertentu - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter! Izin bertanya, jika ada seorang pasien lansia datang dengan hasil pemeriksaan tensi termasuk ke dalam hipertensi namun hanya satu kali pemeriksaan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penetuan seseorang dapat dikatakan hipertensi apakah terdapat persyaratan tertentu

    30 Mei 2020, 10:46
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alodokter! Izin bertanya, jika ada seorang pasien lansia datang dengan hasil pemeriksaan tensi termasuk ke dalam hipertensi namun hanya satu kali pemeriksaan itu saja (sebelumnya tidak pernah tinggi) apakah kita sudah dapat mendiagnosis hipertensi dan mulai memberikan obat antihipertensi untuk satu bulan? 

    Terimakasih

30 Mei 2020, 11:26
Halo dokter, izin join berdiskusi ya dokter. Berdasarkan panduan tatalaksana hipertensi yang dikeluarkan PERKI pada tahun 2015, ketika pasien datang perlu distrarifikasi terlebih dahulu faktor resiko yg dimiliki. Selanjutnya dimasukkan ke dalam kategori hipertensi urgensi/emergensi, atau hipertensi grade 1 atau 2. Jika pasien menunjukkan hipertensi urgensi atau emergensi langsung masuk diagnosis hipertensi. Pada hipertensi grade  1 dan 2 dilakukan pemantauan, selama satu bulan ke depan , kemudian ditentukan masuk ke dalam kategori yang mana dan mengikuti algoritma.

Terapi non Farmakologi meliputi: upaya mempertahankan berat badan ideal, mengurangi asupan garam, berolahraga, serta mengurangi alkohol dan menghentikan rokok.

Pada penderita hipertensi grade 1 tanpa faktor resiko, masa percobaan terapi nonfarmakologi selama 4-6 bulan.

Pengobatan farmakologis dimulai jika terapi non farmakologi selama 6 bulan tidak berhasil untuk penderita hipertensi grade 1, dan pada hipertensi grade 2.

Obat dimulai dengan dosis tunggal. 
Dianjurkan menggunakan obat generik
Disarankan melakukan pertimbangan faktor komorbid
Serta dianjurkan melakukan pengontrolan secara berkala

Mohon koreksinya dokter.
☺️🙏
30 Mei 2020, 11:48
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Terimakasih banyak dokter atas penjelasannya, sangat lengkap dan komprehensif.
30 Mei 2020, 23:02
Maturnuwun dokter sangat membantu sekali