Penggunaan simvastatin® apakah memiliki efek samping secara jangka panjang - Diskusi Dokter

general_alomedika

Saya pernah dapat pasien laki-laki usia 45 th dengan hipertensi dan dislipidemia. Dia sudah mengkonsumsi obat simvastatin 20 mg selama 2 tahun ini. Apakah...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penggunaan simvastatin® apakah memiliki efek samping secara jangka panjang

    08 Desember 2020, 15:21

    Saya pernah dapat pasien laki-laki usia 45 th dengan hipertensi dan dislipidemia. Dia sudah mengkonsumsi obat simvastatin 20 mg selama 2 tahun ini. Apakah ada efek samping dalam pengobatan simvastatin dalam jangka panjang? Apakah obat simvastatin bisa dilanjutkan atau di stop sampai kadar kolesterol dalm darah normal? Atau bisa diganti dengan obat golongan statin yang lain seperti atorvastatin, atau pravastatin, dan sebagainya?

08 Desember 2020, 15:28

Alodok izin ikut berdiskusi 

Simvastatin  memiliki indikasi khusus pada pasien dengan penyakit jantung koroner dan hiperkolesterolemia, antara lain untuk menurunkan angka kematian total dan akibat infark miokard akut, menurunkan kejadian infark miokard nonfatal, menurunkan risiko kejadian prosedur revaskularisasi, dan menurunkan risiko stroke serta TIA (transient ischemic attack). 

Efek samping simvastatin semuanya memiliki tingkat insidensi yang rendah tetapi harus diwaspadai karena efek samping yang muncul bersifat berat. Efek Samping yang Jarang Terjadi yaitu Hepatitis (insidens 1-3%), Miopati, miositis, dan rabdomiolisis (insidens 0,3-13,5 kejadian per 1.000.000 peresepan) dan Penyakit paru interstisial. Sedangkan Efek Samping yang Sangat Jarang Terjadi yaitu Kegagalan fungsi hati (insidens 1 dari 1 juta pasien-tahun).

Dalam pemberian obat simvastatin jangkan panjang tentunya dipikirkan untuk risk dan benefitnya, jika ternyata benefit dari obat simvastatin lebih tinggi untuk seorang pasien maka bisa dipakai untuk jangka panjang. Jika kadar kolesterol normal balik lagi dengan gaya hidupnya dan juga riwayat penyakit dari pasien tersebut. Untuk dapat diganti golongan lain, bisa tetapi tetap sesuai dosis yang dianjurkan. 

Berikut sumber yang saya baca, CMIIW:
https://www.alomedika.com/obat/obat-kardiovaskuler/obat-antihiperlipidemia/simvastatin

08 Desember 2020, 16:36
Terima kasih, dok
08 Desember 2020, 16:33
Alo dok.Tahun kmaren pernah kita bahas tentang long term statin ini. https://www.alomedika.com/komunitas/topic/pemakaian-statin-jangka-panjangYang menarik adalah tujuan penggunaan statinnya.. Apakah sebagai penurun kolesterolnya. Atau sebagai plaque stabilitator https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5418248/Mungkin jurnal ini bisa membantu, sedikit dari jurnal nya, ternyata statin jangka panjang memperlambat pertumbuhan plaque aterosclerosis 🙏
08 Desember 2020, 16:38
Terima kasih, dok. Sebenarnya pasien ini sudah kontrol beberapa kali dan mengkonsumsi simvastatin selama 2 tahun. Pernah kadar kolesterol nya 180, sudah di bawah 200, tapi masih saya anjurkan minum obat simvastatin dan rutin kontrol.