Penggunaan sediaan topikal untuk mengurangi keluhan pusing dan mual pada ibu hamil - Diskusi Dokter

general_alomedika

Dear DoktersAda pasien ibu hamil usia 31 tahun kehamilan kedua, dengan usia kehamilan 8 minggu menanyakan boleh atau tidaknya menggunakan sediaan topikal yg...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penggunaan sediaan topikal untuk mengurangi keluhan pusing dan mual pada ibu hamil

    07 Januari 2020, 19:12
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Dear Dokters


    Ada pasien ibu hamil usia 31 tahun kehamilan kedua, dengan usia kehamilan 8 minggu menanyakan boleh atau tidaknya menggunakan sediaan topikal yg mengandung menthol (seperti minyak angin, fr*sh ca*e, dll) untuk mengurangi gejala2 seperti pusing, mual. Jika boleh, seberapa sering yang diperbolehkan.


    Mohon advisnya dokters

    Trima kasih

07 Januari 2020, 20:03
Alodokter, selamat malam.

Mengutip dari artikel luar ya dok, penggunaan menthol sendiri belum ada penelitian lanjutan terhadap efek pada kehamilan. Termasuk kategori keamanan obat untuk hamil (A, B, C, D, X) belum ada. Namun ada penelitian yang menyebutkan bahwa tidak ada temuan toksisitas pada perkembangan janin dengan penggunaan menthol.

Namun ada baiknya, sarankan pasien untuk tetap kontrol rutin ya dok. 

https://www.uspharmacist.com/article/pregnancy-and-otc-cough-cold-and-analgesic-preparations
08 Januari 2020, 07:10
dr. Ferriyanto Sutiono, Sp.OG
dr. Ferriyanto Sutiono, Sp.OG
Dokter Spesialis Kandungan
Alodokter
Sampai saat ini penggunaan topikal seperti kandungan menthol utk ibu hamil belum ada studi lengkap yg bisa membuktikan resiko penggunaan buat ibu hamil, tapi utk pemberiannya ttp harus dgn hati-hati, dipertimbangkan manfaatnya dan sebelum digunakan dipastikan ada alergi terhadap kandungan tersebut atau tdk.
Terima kasih.
08 Januari 2020, 13:57
dr. Monalisa Manik, MKed, SpKK
dr. Monalisa Manik, MKed, SpKK
Dokter Spesialis Kulit
👍👍
08 Januari 2020, 15:13

Alo Dok, 

Pada kehamilan trimester awal sebenarnya wajar terjadi keluhan mual dan pusing akibat perubahan hormonal, mgkn bisa diedukasi dengan istirahat cukup, makan teratur dan hindari makanan pedas atau berbau tajam dsb ya dok. Jika ini pertanyaan dari user, mungkin bisa dijawab normatif saja dok hehehe.

Setuju dengan TS sebelumnya, belum ada penelitian pada manusia terkait penggunaan mentol dan eucalyptus namun penelitian pada hewan tidak menunjukkan efek teratogenik. 

Berikut jurnal yang menarik untuk dibaca dok: Toxicology and teratology of the active ingredients of ... - NCBIhttps://www.ncbi.nlm.nih.gov › pubmed