Pendaftaran keanggotaan IDI dan SIP - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dokter. Mohon maaf bertanya di luar topik medis. Saya baru selesai internsip. Izin bertanya beberapa pertanyaan:1. Untuk pendaftaran keanggotan IDI,...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pendaftaran keanggotaan IDI dan SIP

    28 September 2021, 11:13
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo Dokter. Mohon maaf bertanya di luar topik medis. Saya baru selesai internsip. Izin bertanya beberapa pertanyaan:

    1. Untuk pendaftaran keanggotan IDI, semisal saya asal dari kabupaten A tetapi berencana bekerja di kabupaten lain, untuk pendaftaran keanggotaan dan pembuatan KTA IDI, saya buat di IDI kabupaten asal atau kabupaten tempat bekerja? Apakah hal tersebut juga berlaku untuk pembuatan SIP?

    2. Untuk pembuatan SIP, membuatnya nanti setelah sudah ada tempat bekerja atau membuat dahulu meskipun belum ada tempat bekerja?

    3. Semisal suatu saat akan pindah tempat bekerja yg berbeda daerah kembali, apakah untuk keanggotaan IDI perlu mengurus mutasi?

    4. Apabila saya berpraktek di 2 tempat yg berbeda kabupaten (praktek di kabupaten A dan B), untuk SIP nya saya mengurus di IDI mana? Apakah bisa semisal mengurus di IDI kabupaten A saja tetapi SIP juga digunakan untuk praktek di kabupaten B?

    Mohon maaf cukup banyak pertanyaannya. Mohon pencerahan dan informasinya. Terima kasih Dokter.

28 September 2021, 14:22

ALO dokter, saya coba jawab sepengetahuan saya ya Dok, untuk yang benarnya dapat liat ke link keanggotaan IDI.

Keanggotaan IDI hanya 1 daerah, sebaiknya di tempat kita tinggal. Kalau SIP dan tempat praktek bisa di mana saja, tidak harus di daerah yang sama dengan keanggotaan IDI kita. Saat mengurus SIP nanti membuat rekomendasi IDI sesuai keanggotaan kita dulu, baru nanti membuat SIP di IDI tempat kita praktek (Lintas Wilayah).  

28 September 2021, 14:51
1. Untuk keanggotaan IDI sebaiknya dibuat di tempat kita bekerja. Karena jika ada permasalahan kira sebagai dokter yg berhubungan dg pekerjaan bisa dibantu dan difasilitasi okeh IDI kita bergabung.2. SIP dibuat setelah kita menentukan tempat kerja kita. Yang mengeluarkan SIP dinas yg berwenang di kota / Kabupaten tempat kita kerja. Sementara IDI hanya memberikan rekomendasi.
3. Seandainya nya pindah je tempat baru dan menetap disana sebaik nya mutasi ke tempat baru.4. Sekali lagi, SIP diurus di kedua kabupaten,  tapi utk rekomendasi diurus di IDI asal dan dari IDI tempat bekerja.
28 September 2021, 16:50
Alo Dokter,Setuju dok, mengurus keanggotaan hanya di satu IDI cabang saja dok, jika dokter praktik di daerah lain berarti dianggap anggota tamu dok. Utk SIP nanti dibuat di tempat dokter bekerja krn di SIP tertera nama dan alamat faskes, sblm membuat SIP harus ada surat rekomendasi dari IDI setempat dok.Kalau dokter berpindah keanggotaan IDI, tdk ada masalah dok. Dokter bisa membuat surat mutasi dan memberikannya nanti di IDI tujuan. Semoga membantu dok.
28 September 2021, 18:23
Buat di 1 tempat dok, nanti setelah jd anggota (misal, idi tmpt internship), nanti pilihannya 2.  Pertama, Ttp jd anggota lama, namun, pakai surat rekomendasi idi lama ke daerah yg dituju (sekaligus modal buat sip di tmpt baru), atau, Kedua, pindah, cabut anggota. Lalu jd anggora idi di tempat tujuan baru (pindah cabang), dan stlahnya bayar iuran, lalu bs dpt rekomendasi utk buat sip.