Pencegahan timbulnya keloid di kulit kepala - Diskusi Dokter

general_alomedika

Bagaimana pencegahan timbulnya keloid dari luka jahitan pada kulit kepala? Biasanya pada bagian kulit yg tidak di tumbuhi rambut seperti kepala. Dapat...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pencegahan timbulnya keloid di kulit kepala

    17 November 2020, 22:23

    Bagaimana pencegahan timbulnya keloid dari luka jahitan pada kulit kepala? 

    Biasanya pada bagian kulit yg tidak di tumbuhi rambut seperti kepala. Dapat dilakukan dengan pemasangan steri strip untuk mencegah terbentuknya keloid. 


    Selain dari injeksi kortikosteroid adakah cara lain untuk mencegah keloid terbentuk di kulit kepala?

18 November 2020, 09:04

Alo dokter,

Berdasarkan referensi: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7158916/

Telah dievaluasi potensi molekul antiinflamasi dan kemoterapi untuk menekan kekambuhan keloid. Beberapa agen yang digunakan untuk menekan keloid adalah Silicone Gel Sheeting (SGS), terapi kompresi, steroid intralesi, krim imiquimod 5%, mitomisin C, atau bleomycin. Ijin ikut menyimak..

18 November 2020, 14:21

Alo Dokter,

IMHO, ste*ri strip digunakan untuk luka yang tidak memerlukan jahitan. Jika luka lebar atau perdarahan tidak berhenti perlu dilakukan penjahitan dok. Selain itu, keloid dapat terjadi pada semua bagian kulit tubuh (tidak hanya kulit kepala) terutama jika ada bakat keloid. 

Penanganan keloid sendiri selain injeksi steroid, bisa dilakukan injeksi intralesi dgn bleomycin, botox, interferon, fluorourasil atau pembedahan. Jangan lupa untuk memberikan informed consent bahwa mgkn tindakan akan dilakukan dalam beberapa kali sesi dan tetap ada kemungkinan residif.

18 November 2020, 14:37

Alo dr. Ramadhan, 

Sebaiknya, bedakan terdahulu lesi parut hipertrofik dengan keloid. Seringkali, parut hipertrofik disamakan dengan Keloid. Perbedaan antara kelodi dengan parut hipertrofik dapat Dokter baca di sini: 

Berbagai modalitas dapat dilakukan untuk terapi keloid:

1. Terapi konvensional: occlusive dressing, compression therapy, injeksi kortkosteroid

2. Pembedahan: eksisi surgikal, cryosurgery

3. Adjuvant therapy: radioterapi, laser, verapamik, dan 5-FU. 

 

Beberapa studi mengatakan, terapi kombinasi menunjukkan angka kesuksesan yang baik. (https://www.alomedika.com/verapamil-untuk-tata-laksana-keloid))

Pada bagian kepala, Dokter bisa menggunakan oncclusive dressing dengan kompresi pada bagian luka.