Laki-laki usia 29 tahun dengan incompelete fracture dan dislokasi shoulder joint - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter, Ijin share kasus dok, laki-laki 29 th post terjatuh di bebatuan sejak 2 hari yll. Saat ini mengeluh jari kakinya tidak dapat digerakkan seperti...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Laki-laki usia 29 tahun dengan incompelete fracture dan dislokasi shoulder joint

    12 Desember 2019, 20:51

    Alodokter, 

    Ijin share kasus dok, laki-laki 29 th post terjatuh di bebatuan sejak 2 hari yll. Saat ini mengeluh jari kakinya tidak dapat digerakkan seperti normal terutama sulit untuk difleksi jari-jari, dan nyeri di bahu kanan. 


    Dari pemfis lokalis:


    Digiti I-III terdapat vulnus excoriatum dengan deformity jari ke 1, swelling ( ), hematome ( ), CRT < 2 detik 

    ROM terbatas terutama fleksi jari-jari. 


    Shoulder dextra: Vulnus excoriatum, deformity (-), swelling ( ), ROM terbatas terutama rotasi.


    Dilakukan X-Ray pada pasien dengan hasil terlampir. 


    Yang ingin saya tanyakan:

    1. Pada kondisi incomplete fracture digiti I (Proximal phalang) sesuai gambaran X-Ray, apakah tindakan yang bisa dilakukan? Apakah cukup dengan neighbouring splint saja dokter? 


    2. Pada dislokasi shoulder sesuai gambaran X-Ray, tindakan apa yang bisa dikerjakan untuk sementara dan terapi definitif apa yang diperlukan?


    3. Jika menggunakan arm sling, berapa lama arm sling dipertahankan pada kasus dislokasi shoulder joint? 



    Mohon sharingnya dokter, terimakasih 🙏🙏

12 Desember 2019, 23:56

Selamat malam Dokter,

1. Jika frakturnya ada di bagian phalang menurut link berikut https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3296112/ dan https://emedicine.medscape.com/article/98322-treatment  Pada fase awal dinamik splinting bisa dilakukan untuk non displaced fracture phalang,  melakukan neighbouring splint juga seharusnya tidak masalah untuk memastikan imobilisasi ya Dok.

2. Untuk dislokasi, menurut link berikut https://orthoinfo.aaos.org/en/diseases--conditions/dislocated-shoulder/  seharusnya dilakukan closed reduction, untuk mengembalikan humerus kembali ke socketnya, dilanjutkan imobilisasi dengan sling dan rehabilitasi.

3.  Penggunaan sling bisa bervariasi bisa sampai beberapa minggu Dokter, sambil pasien di sarankan untuk istirahat dan memantau pembengkakan atau keluhan lain yang terjadi, pasca reduksi dan imobilisasi yang dilakukan.

Mungkin ada TS lain yang ingin menambahkan, CMIIW

13 Desember 2019, 06:49
dr. Nico Raga, SpOT
dr. Nico Raga, SpOT
Dokter Spesialis Ortopedi
Selamat pagi dr.Wulan,
Saya coba membantu pada kasus dokter, sblm nya saya ingin konfirmasi, keluhan pasien nyeri di jari kaki? Karena pada xray nya manus/ tangan. 

Pada xray manus, thumb , menurut saya tidak tampak garis fracture, mungkin karena foto tidak sejelas asli. Sulit digerakkan bisa karena luka dan benturan yg terjadi, sehingga terjadi edema. 

Untuk pada bahu, apakah pasien dapat menggerakkan lengan nya ke segala arah? Menurut saya juga tidak terjadi dislokasi dg gambaran spt itu bila pasien dapat menggerakkan bahu nya ke berbagai arah, namun ada kecurigaan retak pada claviculanya sepertiga lateral, namun tidak jelas,bisa dicek dengan pemeriksaan fisik xray view lain / arah beam yg lain.

Bila terjadi dislokasi, pasang arm sling dan segera rujuk untuk dilakukan reposisi, tidak bisa dilakukan hanya dg armsling.
Sekian dari saya, semoga membantu 🙏

Nico
13 Desember 2019, 07:24
Mohon maaf maksud saya lukanya di manus dokter, 

Dari radiologisnya dikatakan ada mild disruption AC joint dokter, dan pada pasien memang tidak bisa menggerakkan bahu ke segala arah, 

Baik dokter, pasien sudah saya rujuk pada akhirnya, terimkasih saran dan masukannya dokter Nico 🙏
13 Desember 2019, 13:21
izin menyimak dok🙏 terimakasih informasinya 😇 🙏
15 Desember 2019, 09:22
Dok untuk nyeri bahunya sendiri sudah brp lama? Apakah sejak terjadinya trauma lgs menimbulkan gejala tersebut? Mungkin bisa terjadi gangguan soft tissue pada rotator cuff mengingat lokasi ac berdekatan dengan rotator cuff. Terutama apabila ada keluhan dengan ROM tetapi gambaran regio shoulder nampak normal. Mungkin bisa dilabjutkan dengan USG shoulder dok.
15 Desember 2019, 12:12
Tidak ada dislokasi shoulder (GH joint) dari foto yang dikirim

15 Desember 2019, 12:13
Tidak perlu di split untuk jarinya dibiarkan saja.. rawat luka excoriasi saja
15 Desember 2019, 22:19
dr.Bill Tanawal, Sp.N
dr.Bill Tanawal, Sp.N
Dokter Spesialis Saraf
13 Desember 2019, 07:24
Mohon maaf maksud saya lukanya di manus dokter, 

Dari radiologisnya dikatakan ada mild disruption AC joint dokter, dan pada pasien memang tidak bisa menggerakkan bahu ke segala arah, 

Baik dokter, pasien sudah saya rujuk pada akhirnya, terimkasih saran dan masukannya dokter Nico 🙏
Alodok, 

Sekedar menambahkan, bila ada klinis berupa kelemahan pada lengan dan jarinya, ditambah dengan AC joint disruption, mgkin dpt dipertimbangkan adanya Traumatic Brachial Plexus Injury. Selain foto shoulder, dapat dipertimbangkan juga untuk foto cervical AP lateral odontoid dan juga pemeriksaan ENMG 🙏