Penanganan Carpal Tunnel Sindrom yang rekuren - Kesehatan Kerja Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Fani Syafani, MKK, ijin bertanya. Saya pernah mendapatkan pasien seorang guru dengan CTS yang rekuren, dan itu muncul kembali setelah beberapa bulan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penanganan Carpal Tunnel Sindrom yang rekuren - Kesehatan Kerja Ask The Expert

    22 Oktober 2021, 13:48
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dr. Fani Syafani, MKK, ijin bertanya. Saya pernah mendapatkan pasien seorang guru dengan CTS yang rekuren, dan itu muncul kembali setelah beberapa bulan hilang. Dari anamnesis, pasien mengaku sudah mengurangi penekanan pada pergelangan tangannya saat menulis, namun tidak bisa mengurangi menulis di papan tulis. Kira-kira solusinya bagaimana ya dok.

    Terimakasih

22 Oktober 2021, 14:06

Baik, terimakasih dokter atas pertanyaannya, untuk mengantisipasi keluhan yang sama, terkait Carpal Tunnel Syndrome atau CTS pada  pasien dengan profesi guru, maka harus dilakukan pencegahan terhadap berulangnya keluhan yang sama, dengan langkah pencegahan primer, melalui olahraga pada anggota tubuh yang sering repetitive dengan  posisi sama dan lama. Kemudian dilakukan gerakan peregangan relaksasi pada tubuh ,minimal 1 jam sekali peregangan terutama pada  lengan -tangan  secara berkala, menghindari paparan hazard ergonomi secara terus menerus. Dan sebaiknya pada pemeriksaan kesehatan atau MCU , pada profesi guru ,atau profesi yang sering dengan gerakan repetitive, berulang , sama  dan waktu yang lama, disarankan  dengan juga dalam penilaian ergonomi ditempat kerja. Terkait pencegahan dalam terjadinya penyakit akibat kerja, terlampir sebagai  berikut.

Demikian dokter, 

 

Salam Sehat Selalu