Pedoman Tatalaksana Ibu Hamil yang Terinfeksi COVID-19 - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Cipta Pramana, Sp. OG(K), izin bertanya ya Dokter. Bagaimana pedoman tatalaksana pada ibu hamil yang terinfeksi COVID-19? Apakah ibu hamil yang...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pedoman Tatalaksana Ibu Hamil yang Terinfeksi COVID-19

    07 Desember 2020, 08:25

    Alo dr. Cipta Pramana, Sp. OG(K), izin bertanya ya Dokter. Bagaimana pedoman tatalaksana pada ibu hamil yang terinfeksi COVID-19? Apakah ibu hamil yang terkena COVID-19 dengan tanpa gejala atau asimtomatis boleh isolasi mandiri di rumah?

    Terimakasih dokter.

07 Desember 2020, 10:27
dr. Cipta Pramana SpOGK
dr. Cipta Pramana SpOGK
Dokter Spesialis Kandungan

Alo dr. Nurul Falah.

Tatalaksana ibu hamil dengan COVID-19 bila belum inpartu, maka kita rawat bersama dengan dr. Spesialis Paru untuk penanganan infeksinya. Dirawat di ruang isolasi dan diperiksa ulang PCR swab 1 minggu kemudian. bila swab kedua negatig maka pasien bisa dirawat di ruang biasa Obstetri. Bila belum ada indikasi dilakukan tindakan maka pasien bisa dipulangkan.

Bila pasien inpartu maka ditolong untuk partus di VK Isolasi, kemudian post partum dirawat di R isolasi. Demikian juga bila ada indikasi SC maka dilakukan SC cito di IBS di kamar operasi khusus Covid-19. Bila ada indikasi SC tetapi tidak emergensi maka infeksi Covid-19 diobati terlebih dahulu sampai sembuh baru kemudian dilakukan SC.

Isolasi madiri bagi ibu hamil postif Covid-19 tanpa gejala, bisa saja. Tetapi dibutuhkan koordinasi dengan RT, RW Dinas Kesehatan dan perangkat setempat bila bumil tersebut positif Covid-19.

Demikian, terimakasih

09 Desember 2020, 06:31

terimakasih atas informasinya dokter Cipta 

09 Desember 2020, 06:05
Alo dokter, mau menambahkan referensi yang bisa dibaca untuk kasus COVID-19 pada kehamilan.. semoga bermanfaat
https://www.alomedika.com/cme/pertimbangan-khusus-manajemen-covid-pada-kehamilan
09 Desember 2020, 06:06
Terimakasih atas informasinya dokter Hudiyati 😊🙏