Pasien usia 38 tahun dengan ketoasidosis diabetes tanpa koma apakah dapat diberikan obat oral bila insulin tidak tersedia - Diskusi Dokter

general_alomedika

Izin konsul dok, bila ada pasien umur 38 thn dengan KAD, GDS awal 526 mg/dl, TD 90/57 mmHg dan tidak mau dirujuk. Saat ini sudah guyur NaCl 0,9% 2...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien usia 38 tahun dengan ketoasidosis diabetes tanpa koma apakah dapat diberikan obat oral bila insulin tidak tersedia

    19 April 2021, 12:18
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Izin konsul dok, bila ada pasien umur 38 thn dengan KAD, GDS awal 526 mg/dl, TD 90/57 mmHg dan tidak mau dirujuk. Saat ini sudah guyur NaCl 0,9% 2 kolf. Apakah boleh diterapi dengan obat oral bila insulin tidak tersedia di puskesmas? Bila boleh, obat yang direkomendasikan sebaiknya yang mana dok? Glibenclamide, glimepiride atau lainnya mengingat metformin kontraindikasi untuk KAD.

19 April 2021, 13:56

ALO, Dokter..

Pada ketoasidosis diabetik terjadi defisiensi insulin, sehingga terapinya harus menggunakan insulin dan tidak dapat digantikan dengan antidiabetik oral. Selain itu, perlu juga dilakukan pemeriksaan kadar kalium untuk menentukan kebutuhan koreksi kalium dan pH darah untuk menilai keparahan asidosis dan menilai perbaikan kondisi. 

Sebaiknya pasien dan keluarga diedukasi kembali mengenai pentingnya rujukan ke rumah sakit agar terapi dapat maksimal.

https://www.alomedika.com/penyakit/endokrinologi/diabetes-ketoasidosis/penatalaksanaan

19 April 2021, 14:13

Alo dr. Anon, 

Ketoasidosis diabetik adalah salah satu kegawatan dari DMT2. Selain itu, perlu dicari sebab dari KAD. KAD bisa disebabkan oleh kondisi infeksi yang tidak tertangani dengan baik. Data yang dokter sajikan dengan apakah ada kecurigaan ke arah Syok septik dd/ syok hipovolemik? Selain itu, apakah benar ini KAD, karena tidak disertai dengan hasil keton dalam darah. apakah. ada tand klinis ke KAD?

 

Tentunya tata laksana yang lebih komprehensif diperlukan. Seperti cairan, penuruan gula darah dengan drip insulin/insulin subkutan, antibiotik, koreksi diet.

Sebaiknya, berikan edukasi ke pasien bahwa keadaan ini tidak dapat di rawat di puskesmas. Pemberian terapi oral tidak memungkikan karena tidak mungkin menurunkan gula darah sewaktu dengan cepat. 

 

Terimakasih