Pasien dengan Hiperglikemia >400 apakah dapat didiagnosis ketoasidosis Diabetikum - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, izin bertanya.. Apakah untuk mendiagnosis KAD di Igd cukup dengan hiperglikemia >400 + nafas kussmaul saja ? Apakah harus ada penurunan kesadaran...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien dengan Hiperglikemia >400 apakah dapat didiagnosis ketoasidosis Diabetikum

    17 Maret 2022, 12:51
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter, izin bertanya.. Apakah untuk mendiagnosis KAD di Igd cukup dengan hiperglikemia >400 + nafas kussmaul saja ? Apakah harus ada penurunan kesadaran dan konfirmasi laboratorium dengan urin keton (+) atau keton darah (+) ?

    Terimakasih dok...

17 Maret 2022, 17:01

Alo dokter. Diagnosis ketoasidosis diabetikum dapat dilakukan melalui pemeriksaan fisik serta laboratorium. Umumnya pasien mengalami mual muntah, nafas Kussmaul, lemah, dehidrasi, takikardia, hipotensi, dan hipotermia. Untuk tingkat kesadaran dapat bervariasi tergantung keparahan. Konfirmasi diagnosis KAD dapat dilakukan bila ditemukan kadar glukosa darah > 250mg/dL (biasanya lebih tinggi), pada analisa gas darah ditemukan pH <7,3 atau kadar bikarbonat ≦15 mmol/L, dan adanya ketonemia/ketonuria. Untuk selengkapnya mengenai KAD bisa dibaca di artikel berikut ya dok :

https://www.alomedika.com/penyakit/endokrinologi/diabetes-ketoasidosis

Semoga membantu

17 Maret 2022, 17:48
Alo Dokter,
IMHO pernafasan kussmaul termasuk salah satu tanda asidosis ya dok, dan menurut saya sudah bisa ditegakkan sebagai KAD bila ada tanda hiperglikemi 300-600 mg/dl disertai dengan tanda asidosis. Jika didapati ada badan keton maka akan lebih konfirmatif lagi dok. Namun bila kadar gula darah lebih dari 600 mg/dl dengan atau tanpa gejala asidosis maupun ada tidaknya badan keton, maka didiagnosa sebagai Status Hiperglikemia Hiperosmolar.
22-10-21-Website-Pedoman-Pengelolaan-dan-Pencegahan-DMT2-Ebook.pdf
18 Maret 2022, 08:24
dr.Isrizal
dr.Isrizal
Dokter Umum
Terima kasih atas informasinya sangat bermanfaat