Panduan Resep Kasus Dermatitis dalam Chat Bersama Dokter - Diskusi Dokter

general_alomedika

Seperti umumnya penyakit kulit lain, kasus dermatitis dapat dokter jumpai dalam konsultasi daring melalui anamnesis dan penunjang foto yang dapat dikirimkan...

Diskusi Dokter

26 Februari 2021, 17:48
Alo dr. Reynaldi, izin ikut berdiskusi 


Tentunya untuk dermatitis kontak iritan dan atopi merupakan kasus umum yang sering kita temui dalam praktik sehari hari di praktik secara langsung maupun telemedis. Dermatitis kontak iritan dan atopi dibedakan dari et causanya, sehingga sangat penting sekali selain memberikan terapi berupa obat obatan yaitu memberikan edukasi home management non medikamentosanya untuk mencegah kekambuhan.


Sebelumnya terima kasih atas sharingnya🙏🏻

26 Februari 2021, 20:53
dr. Silfia Mandasari, Sp.DV
dr. Silfia Mandasari, Sp.DV
Dokter Spesialis Kulit
Alodokter, izin memberikan masukan dok. Karena akan menjadi referensi sejawat, saya lihat sebaiknya di artikelnya utk terapi dan tatalaksananya lebih ditambahkan lagi. Disini dikatakan kortikosteroid topikal tidak memberikan respon yang baik. Mungkin bisa ditelaah dan dikoreksi lagi, bahwa di guideline, topical steroid masih digunakan dan merupakan pilihan utama utk dermatitis kontak iritan. Pada jurnal no.5 yg menjadi referensi tatalaksana artikel ini, juga dikatakan, bahwa topikal steroid merupakan pilihan pertama dan efikasinya sudah tidak diragukan lagi. Mungkin bisa dikoreksi, dan coba ditelaah lagi, sumbernya. Terimakasih.
27 Februari 2021, 09:34
Terima kasih dokk