Pasien wanita usia 30 tahun dengan nyeri Punggung Atas Unilateral - Rehabilitasi Medis Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO, selamat siang Dr. dr. Vitriani Biben, SpKFR(K). Izin berkonsultasi Dok. Pasien wanita usia 30 tahun, sering mengeluhkan nyeri di bagian punggung atas...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien wanita usia 30 tahun dengan nyeri Punggung Atas Unilateral - Rehabilitasi Medis Ask the Expert

    21 Oktober 2021, 11:29

    ALO, selamat siang Dr. dr. Vitriani Biben, SpKFR(K). Izin berkonsultasi Dok. Pasien wanita usia 30 tahun, sering mengeluhkan nyeri di bagian punggung atas sebelah kanan, bagian dalam dekat scapula (ada titik nyerinya) secara hilang timbul sudah kira² 6 tahun ini, biasanya timbul saat duduk lama dan kondisi sedang tegang. Padahal posisi duduknya sudah tegak. Dan mengatakan adanya ketidakseimbangan pada punggung (lebih tinggi sebelah) saat melakukan push up. Apakah kedua hal tsb ada hubungannya Dok? Lalu saran apa yg dapat diberikan utk pasien Dok? 

    Terima kasih banyak Dok, semoga sehat selalu. 😊🙏🏻

21 Oktober 2021, 11:47
Dr. dr. Vitriana Biben, Sp.KFR(K)
Dr. dr. Vitriana Biben, Sp.KFR(K)
Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi

Selamat siang dok. Bila memperhatikan keluhannya, saya mencurigai adanya gangguan postur yang berdampak pada ketidakseimbangan dari otot-otot (kekuatannya) sehingga hal ini menimbulkan nyeri. Titik-titik nyeri yang muncul/ dirasakan bisa merupakan suatu tanda adanya suatu trigger point / tender point dari suatu myofascial trigger point syndrome (MTPS). Hal yang umum terjadi dan menimbulkan tidak hanya nyeri lokal tapi nyeri menjalar yang cukup jauh. Bila dalam pemeriksaan hal tersebut dapat dipastikan maka beberapa hal dapat dilakukan melalui tatalaksana rehabilitasi medik :penguatan otot-otot untuk mengurangi imbalance muscle akibat postur, melakukan dry needling, pemberian modalitas laser / ultrasound yang harus dilanjutkan dengan pemberian peregangan atau stretching di otot yang terdampak. Jadi asesmen untuk menentukan otot mana yang terdampak dan peregangan yang sesuai dengan otot yang terdampak itu menjadi penting untuk mengatasi hal ini, karena apabila dilakukan tindakan yang bersifat simptomatis saja, tidak akan menyelesaikan masalah dan hal ini dapat menjadi sesuatu yang berjalan kronis. Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu. 

21 Oktober 2021, 13:32
Terima kasih banyak Dok atas jawabannya. Sangat membantu sekali. 😊🙏🏻