Pasien usia 30 tahun dengan keluhan nyeri pada panggul yang menjalar hingga lutut secara terus menerus - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, ijin konsul pasien usia 30 tahun datang dengan nyeri pada panggul kanan yang mejalar hingga lutut. Nyeri dirasakan terus menerus. Nyeri sejak 1...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien usia 30 tahun dengan keluhan nyeri pada panggul yang menjalar hingga lutut secara terus menerus

    13 Juli 2020, 08:21
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter, ijin konsul pasien usia 30 tahun datang dengan nyeri pada panggul kanan yang mejalar hingga lutut. Nyeri dirasakan terus menerus. Nyeri sejak 1 hari yang lalu. BAK :Dysuria (-) Deman (-), Batuk (-) sesak (-) mual (-) muntah (-). Riw. Dm (-) riw. Ht (-) riw. Trauma (-)


    Terapi awal :

    IVFR RL 14 tpm

    Ketorolac 30mg/8jam/IV

    Mecobalamin 500mcg/24jam/IV


    1. Kemungkinan DD/ untuk pasien ini apa yah dok?

    2. Membedakan antara myalgia dan artalgia bagaimana yah dok?

    3. Kalau misalnya pengguaan gabapentin nyeri neuralgia gimana dok? Kapan kita bisa berikan? Terima kasih

13 Juli 2020, 09:33

Alo dokter, coba bantu menjawab ya dok.

Sebelumnya mungkin dari keluhannya dan riwayatnya bisa digali kembali dok, apakah ada rasa kesemutan, kemudian aktivitasnya sehari-hari bagaimana, apakah nyeri tsb berulang atau dulunya juga pernah mengalami hal serupa, dan apakah ada faktor pencetus/yang memperberat keluhan. Mungkin hal-hal tsb bisa melengkapi nantinya agar bisa dinilai juga risiko kekambuhannya (apakah bersifat kronis/akut), kemudian sebagai DD juga bisa dipikirkan ke arah ischialgia.

Untuk membadakan dengan arthralgia mungkin bisa ditanyakan juga di riwayatnya atau di pemeriksaan fisik apakah nyeri tsb disertai dengan kekauan atau nyeri sendi atau gerakan-gerakan tertentu yang memicu nyeri hanya pada ototnya saja.

Kemudian untuk penggunaan Gabapentin, dari referensi yang saya dapatkan memang pada umumnya digunakan untuk kasus-kasus nyeri neuropatik perifer maupun sentral, misalnya pada keluhan yang disertai rasa kesemutan. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK531934/ )

Mungkin seperti itu dok dari saya, mungkin ada tambahan dari TS lainnya, CMIIW.. terima kasih 

13 Juli 2020, 10:51
Alo dokter, perlu dibedakan terlebih dahulu apakah ini nyeri nociceptive atau neuropathic karena tatalaksananya berbeda, trims.
13 Juli 2020, 22:23
dr. Ade Wijaya SpS
dr. Ade Wijaya SpS
Dokter Spesialis Saraf

Alodokter!

1. Pada pasien dengan keluhan seperti diatas, kemungkinan diagnosis banding antara lain:

- Sciatic pain (HNP; sindrom piriformis, meralgia parestetika)

- Muscle pain

- Tendon pain (tendinitis, bursitis, iliotibial band syndrome)

- Joint pain (sacroiliac joint pain)

dll

 

2.

Bisa dibedakan dengan anamnesis (lokasi nyeri, dan apakah nyeri lebih diperberat oleh kontraksi otot atau oleh gerakan sendi)

Bisa dibedakan dengan pemeriksaan fisik (ada tidaknya pembengkakan sendi atau kemerahan pada sendi; krepitasi, maupun berkurangnya lingkup gerak sendi)

 

3. Gabapentin dapat dijadikan pilihan pengobatan nyeri neuropatik seperti pada neuropati diabetik dan post herpetic neuralgia. Namun, penggunaan gabapentin pada kasus-kasus HNP tidak lagi direkomendasikan karena berdasarkan hasil studi tidak memberikan manfaat dan hanya berpotensi menimbulkan efek samping. 

14 Juli 2020, 18:02
Alo dokter, lalu untuk drug of choice HNP apa ya dok? Apakah menggunakan pregabalin dan antidepresan seperti Amitriptilin? Terimakasih dok.
14 Juli 2020, 20:28
dr. Ade Wijaya SpS
dr. Ade Wijaya SpS
Dokter Spesialis Saraf
Short term NSAIDs ( opioid bila nyeri hebat) disertai terapi non medikamentosa (psychotherapy, physical therapy, and surgery); Multidisciplinnary approach
14 Juli 2020, 20:28
Izin untuk menyimak diskusi ya dokter ­čÖĆ
14 Juli 2020, 19:57
Izin ikut menyimak ya Dokter.