Nyeri Leher yang berkepanjangan apakah ada anjuran tertentu - Rehabilitasi Medis Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dr.dr.Vitriana B, SpKFR(K), Jika nyeri leher yang berkepanjangan apakah ada anjuran tertentu? Dan apakah baik jika dilakukan pijat tradisional...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Nyeri Leher yang berkepanjangan apakah ada anjuran tertentu - Rehabilitasi Medis Ask the Expert

    21 Oktober 2021, 10:22
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo Dr.dr.Vitriana B, SpKFR(K), 

    Jika nyeri leher yang berkepanjangan apakah ada anjuran tertentu? Dan apakah baik jika dilakukan pijat tradisional keseringan? Mohon arahannya dokter. 

     

    Terima kasih 

     

21 Oktober 2021, 10:33
Dr. dr. Vitriana Biben, Sp.KFR(K)
Dr. dr. Vitriana Biben, Sp.KFR(K)
Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi

Selamat pagi. Untuk nyeri leher, kita harus pastikan terlebih dahulu apa yang menjadi penyebabnya. Pada area leher, cukup banyak struktur yang dapat menyebabkan nyeri, seperti tulang, syaraf, otot, tendon. Jadi dokter perlu memastikan terlebih dahulu dari anamnesis dan pemeriksaan fisik apa yang menjadi perkiraan penyebabnya. Saya tidak terlalu menyarankan pijat tradisional, karena area tulang belakang adalah area yang cukup vital, dengan struktur medulla spinalis di dalamnya yang berperan pada aspek motorik, sensorik dan otonomik segmen di bawahnya. Kecuali bila dipastikan bahwa struktur tulang cervical / leher stabil dan pijat lebih ke arah otot di sekitarnya tidak memanipulasi struktur tulang cervical dan perlu diingat bahwa pijat tidak memberikan efek yang bersifat permanen dalam memperbaiki kondisi otot, sehingga penting untuk memastikan terlebih dahulu penyebab nyeri leher untuk menghindari komplikasi sekunder akibat manipulasi.