Nyeri kronis - Anestesi Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat pagi dokter, izin bertanya. Untuk pasien yang mengalami nyeri kronis, sering kali akan merasa tergantung dengan obat antinyeri atau bahkan mengalami...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Nyeri kronis - Anestesi Ask The Expert

    05 Februari 2021, 10:18

    Selamat pagi dokter, izin bertanya. 

    Untuk pasien yang mengalami nyeri kronis, sering kali akan merasa tergantung dengan obat antinyeri atau bahkan mengalami kondisi tidak merasa membaik dengan satu antinyeri sehingga harus diresepkan antinyeri yang sifatnya lebih kuat. Sementara obat antinyeri juga pasti memiliki efek samping jika digunakan dalam jangka panjang. 

    Nah, untuk kondisi seperti ini bagaimanakan pola pemberian antinyerinya Dok? kapan kita membutuhkan bantuan pain management yang lain, misalnya akupuntur? 

    Terima kasih sebelumnya Dok.

05 Februari 2021, 11:28
Biasanya dok dlm menentukan nyeri kita harus menentukan secara jelas apa penyebab nyerinya dan perjalananaya  dan penjajakan laboraturium atau rontsen dan usg diperlukan. bila kita sudah tau apa penyebab nyerinya dan dimana lokasinya serta bagaimana sifat nyerinya serta melibatkan organ apa bila dan kita sudah mengetahui causativnya maka kita harus mengambil tindakan apa yg sesuai dengan penyebab gejalanya nyeri tsb dan bagian spesialis apa yg cocok untuk nanganinya sehingga kita gak perlu memberikan terapi analgetik jangka panjang
05 Februari 2021, 11:31

Alo dok Merry

Nyeri kronis memang salah satu kondisi yang sulit diatasi dan bisa mengganggu daily activities dari pasien, untuk itu memang memerlukan evaluasi dan penanganan yang lebih telaten untuk mengatasinya.

Pada beberapa nyeri kronik memang masih bisa diatasi dengan pemberian pain killer, yang pola pemberian dan konsumsinya harus teratur dan dosis yang disesuaikan dengan kondisi dan skor nyeri pasien tersebut. Pasien harus diedukasi agar disiplin dalam waktu memakan obat agar kadar obat bisa terjaga dengan baik. Tentu saja seperti yang dokter sudah sebutkan, kita juga harus memantau efek samping yang mungkin muncul akibat pemberian suatu jenis anti nyeri tertentu dalam jangka waktu lama.

Sedangkan pertimbangan untuk mendapat manajemen nyeri lain harus dipertimbangkan sejak awal terapi, karena nyeri kronik seringkali membutuhkan multimodal terapi, sehingga pilihan untuk konsultasi ke bagian akupuntur, rehabilitasi medik dan bidang terkait lainnya bisa dilakukan sejak awal dok.

Semoga jawaban ini bisa membantu dok. Terimakasih

05 Februari 2021, 11:33

Terima kasih untuk penjelasannya Dokter.