Nyeri betis kanan disertai demam - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter, ijin share kasus, laki-laki 43 th dengan keluhan nyeri di paha sampai ke kaki kanan namun pusat nyeri dikatakan di betis kanan. Nyeri sudah...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Nyeri betis kanan disertai demam

    07 Agustus 2019, 10:27

    Alodokter, ijin share kasus, laki-laki 43 th dengan keluhan nyeri di paha sampai ke kaki kanan namun pusat nyeri dikatakan di betis kanan. Nyeri sudah dirasakan sejak 1 minggu yang lalu dan disertai demam selama 3 hari, namun saat ini demam sudah tidak ada. Sekitar 1 tahun yang lalu nyeri juga dirasakan di betis kiri, pasien diberikan antibiotik dan dikompres dengan NaCl di bagian betis dan dikatakan bisa sembuh.

    Dari pemeriksaan fisis regio gastrocnemius swelling minimal, tidak ada hiperemi, namun nyeri tekan. Pemeriksaan status general dalam batas normal. Saat itu saya cek DL dan hasilnya dalam batas normal. 

    Yang ingin saya tanyakan, apa pemeriksaan lanjutan yang dapat dikerjakan pada pasien ini untuk membantu menegakkan diagnosis ya dok? Apakah ini mengarah ke leptosirosis? 

    Mohon sarannya dokter, terimakasih 🙏

07 Agustus 2019, 10:40
dr.Samira
dr.Samira
Dokter Umum

Alo dokter, kasus yang cukup menarik. Sebelumnya apakah didapatkan icterus pada pasien ini ?

07 Agustus 2019, 11:56
Saat saya periksa tidak ada icterus dokter, 
07 Agustus 2019, 11:27

Alo dokter Wulan,

Untuk leptospirosis pemeriksaan penunjang hematologi biasanya ditemukan leukositosis, trombositopenia serta neutrofilia relatif. Sedangkan dari urinalisis kadang didapatkan proteinuri dan hematuri. Diagnosis lebih pasti bila dilakukan  pemeriksaan serologi dan kultur.

Untuk keluhan nyeri otot mungkin bisa dipikirkan osteomyelitis, dengan keluhan demam, fatigue disertai tanda peradangan lokal seperti nyeri, pembengkakan, kemerahan yang bisa hilang dalam waktu 5-7 hari.

Sumber : https://www.alomedika.com/penyakit/penyakit-infeksi/leptospirosis

https://emedicine.medscape.com/article/1348767-clinical

Terimakasih

07 Agustus 2019, 12:01
Terimakasih sarannya dokter, adakah DD lain yang mungkin dok?
07 Agustus 2019, 12:58

Alo Dokter, 

Ada satu case report yang saya temukan tentang pembengkakan pada sebelah kaki (terutama betis). Di situ dituliskan kemungkinan diagnosis bandingnya adalah DVT, Kista baker, cedera otot, tumor, infeksi, aneurisma arteri dan kelainan tendon Archilles. (dapat dibaca selengkapnya pada link berikut Case report of Unilateral Calf pain and swelling dan  Unilateral leg swelling

Untuk pemeriksaannya, jika tersedia, disarankan untuk ditambahkan dengan USG, Dok, kemungkinan karena dapat mendeteksi dengan lebih cepat dan mudah untuk kasus-kasus muskuloskeletal dan DVT (walaupun tidak sejelas dengan doppler). 

Semoga bisa membantu, Dok...

09 Agustus 2019, 22:48
Wah dd nya lengkap sekali dok, trimakasih dokter 🙏
08 Agustus 2019, 14:45
dr. Baringin De Samakto Sitompul Sp.PD
dr. Baringin De Samakto Sitompul Sp.PD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Kasus yang sangat menarik dok, saya setuju dg pendapat2 ts di atas, kalau boleh sy menambahkan, jika curiga kasus ini kasus leptospirosis:
1.Dari anamnesis bisa digali apakah pasien sempat terpapar dg hal2 yg berhubungan dengan air seperti riwayat membersihkan got, tinggal di kawasan banjir atau daerah rob, habis berenang di danau atau sungai, atau terpapar dengan kotoran tikus, karena kita tahu kuman leptospira ditularkan lewat air seni dari hewan yg terinfeksi, air, tanah, atau makanan yg terkontaminasi urine vektor, biasanya dari profesi pasien juga bisa digali
2. Pemeriksaan fisik: keterkaitan organ yg terkena sesuai patfis leptospirosis :  TTV suhu meningkat, mata : sklera ikterik, conjungtival suffusion, paru2 : ronchi?, jantung :nadi ireguler?, ginjal: urin sedikit, ekstremitas: nyeri gastroknemius( biasanya bilateral)
3. Pemeriksaan darah,urin, fungsi hati, fungsi ginjal, foto thorax, ekg
4. Pemeriksaan serologis: ELISA, pemeriksaan MAT (gold standard)
Demikian semoga bermanfaat 😊
09 Agustus 2019, 22:48
Baik dokter, terimakasih sharing ilmunya dok 🙏🙏
13 Agustus 2019, 07:14
Sangat bermanfaat ilmunya Dok 🙏
10 Agustus 2019, 22:59
dr.Reagan Paulus Rintar Aruan, Sp.PD
dr.Reagan Paulus Rintar Aruan, Sp.PD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Mungkin karena kita terbiasa melihat demam dan nyeri betis langsung teringat leptospirosis ya..boleh aja sbagai dd..
Tp kita jg harus liat sperti kasus Osteoarthritis genu, atau bahkan Calf sprain ( bisa gastrocnemius atau soleus )..mengingat kasus ceritanya tdk khas dg leptospirosis
10 Agustus 2019, 23:03
Untuk genu dikatakan tidak ada nyeri dokter, nyeri lebih dirasakan di area betis, dan untuk sprain memang blm saya gali riwayatnya dokter, terimaksih sarannya dok 🙏