Tatalaksana yang tepat untuk menangani keluhan gatal di seluruh tubuh pada laki-laki usia 21 tahun - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter! Selamat siang dokter, ijin share kasus dok, laki-laki 21 thn dengan keluhan muncul bentol gatal di seluruh tubuh sejak sekitar 1 minggu. Awalnya...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Tatalaksana yang tepat untuk menangani keluhan gatal di seluruh tubuh pada laki-laki usia 21 tahun

    17 Oktober 2019, 12:30

    Alodokter! 


    Selamat siang dokter, ijin share kasus dok, laki-laki 21 thn dengan keluhan muncul bentol gatal di seluruh tubuh sejak sekitar 1 minggu. Awalnya dikatakan muncul bentol kecil kemudian digaruk dan diberi bedak herocyn, lesi dikatakan melebar. Pasien mengatakan keluhan muncul setelah makan ikan tuna, telur dan mie. Dulu dikatakan pernah makan ikan tuna namun tidak sesering saat ini, saat ini tuna dimakan hampir tiap hari. Demam tidak ada. keluhan lain tidak ada. Ini merupakan keluhan pertama kali. Riwayat penyakit sistemik disangkal. Riwayat alergi obat disangkal. Pasien merupakan ABK yang saat ini tinggal di mes khusus ABK dan terkadang tidur di kapal.

    (berikut saya lampirkan fotonya) 


    Pemeriksaan fisis, TTV dbn 

    St. General dbn 

    Efloresensi: Nodul eritema berkonfluens multipel, ukuran bervariasi, di atasnya tertutup skuama tipis, tersebar secara diskret. 


    Dx: Nodul multipel ec alergi makanan DD/ Psoriasis vulgaris


    Tx: 

    Difenhidramin injeksi 5 mg 

    Dexametason 3 x 0.5 mg 

    CTM 3 x 4 mg 

    Vit C 1 x 1 

    Betametason cream


    KIE: 

    -Hindari makanan yang dicurigai menyebabkan alergi

    -Jangan digaruk

    -Kompres hangat bila gatal 

    -Mandi seperti biasa 

    -Kontrol bila keluhan tidak membaik atau memberat


    Mohon saran diagnosis dan tatalaksana yang tepat pada pasien ini ya dok, terimakasih dokter 🙏

17 Oktober 2019, 14:50

Alo dokter,

Saya setuju dengan psoariasis dok karena ada lesi plak eritem dan skuama. Agar lebih pasti, dapat diperiksa apakah ada Auspitz sign.

Tata laksana untuk psoariasis yang saya tau dapat menggunakan metothrexate atau siklosporin serta kortikosteroid topikal.

17 Oktober 2019, 14:53

ini link yang saya dapatkan tentang psoariasis

https://www.alomedika.com/penyakit/dermatovenerologi/psoriasis

17 Oktober 2019, 16:55
Baik dokter, terimakasih masukan dan infonya ya 🙏
19 Oktober 2019, 11:25
Perlu juga ditelusuri resiko pnyakit menular, seperti HIV. Mengingat pasien memiliki faktor resiko bertato, dan bekerja sebagai ABK. Pada pasien imunodefisiensi, tampilan klinis pnyakit kulit dapat terlihat lebih berat. Perlu anamnesis lebih lanjut tntng kmungkinan  skabies, insect bite, dll.
19 Oktober 2019, 16:07
Dear dr. Wulan... Sharing jg Dok... 
Mungkin di gali juga informasi ke pasien dok berapa jam pertama kali reaksi alergi tersebut muncul setelah makan ikan.  Karena biasanya jk karena alergi reaksinya tdk lama dan biasanya ada juga gejala bibir dan lidah bengkak,  ada rasa baal di lidah, diare, kramp perut, hidung berair, bersin2 dll selain muncul gatal dan kemerahan di kulit. Food alergy di mediasi oleh IgE pada awal konsumsi ikan mungkin tdk muncul alergi nya.  Untuk terapi mungkin di tanya juga jenis pekerjaan pasien nya dok jk dia bekerja sebagai driver atau di ketinggian mungkin di pilihkan anti histamin yang non sedatif...

Salam,