penyebab timbulnya benjolan di leher dan dada pada anak usia 4 tahun - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter, mau konsul pasien dok.Laki-laki, 4 thn dgn benjolan seperti bisul di leher kanan dan dada timbul sejak 2 hari yll, nyeri ( ), eritem ( ). Benjolan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • penyebab timbulnya benjolan di leher dan dada pada anak usia 4 tahun

    10 September 2019, 10:12
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alodokter, mau konsul pasien dok.

    Laki-laki, 4 thn dgn benjolan seperti bisul di leher kanan dan dada timbul sejak 2 hari yll, nyeri ( ), eritem ( ). Benjolan ini munccul berbarengan 4 buah dok. Mau konsul kira-kira ini abses, limfadenitis atau ada kemungkinan yang lain ya dok?

    Terimakasih

10 September 2019, 10:13
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Selain timbul benjolan yang nyeri dan demam, os tidak ada keluhan lainnya
10 September 2019, 10:54
Alo dok selamat pagi!

Dari gambar yang saya lihat itu seperti carbuncle bisa di berikan antibiotik topikal seperti mupirosin 2% untuk yang localized, bila luas (sistemik) bisa berikan antibiotik oral seperti amoxiclav (sesuaikan dosis nya dengan berat badan)
10 September 2019, 10:55

Selamat pagi Dokter, jadi munculnya dalam 2 hari dan berbarengan ya Dok? sebelumnya apakah ada riwayat penyakit atau kesehatan tertentu sebelumnya Dokter. Untuk hasil palpasi dari benjolannya seperti apa ya Dokter, apakah keras atau lembut, bisa digerakan atau tidak ya Dokter, dan disertai dengan kaku pada leher anak atau tidak Dokter.

Mungkin jika dilihat dari gambarnya saya setuju dengan kemungkinan servikal limfadenitis dan abses ya Dok. Namun perlu diketahui asal peradangan atau infeksinya Dokter, karena pembengkakan kelenjar getah bening di area leher bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti infeksi pada kulit, infeksi pada telinga, gigi,  atau faringnya Dokter. 

CMIIW 

10 September 2019, 11:34

Alo Dok,

Saya setuju penampakan tanda mirip dengan karbunkel, namun jika timbulnya linear atau sesuai jalur kelenjar getah bening mungkin perlu dipikirkan DD dgn skrofuloderma.  Utk langkah awal, mungkin bisa dianjurkan pemeriksaan laju endap darah dan tes tuberkulin. Jika memang skrofuloderma maka penanganannya sama dengan TB paru Dok.

 

Ref: Panduan Praktik Klinis Dokter di Fasyankes Primer

10 September 2019, 11:41
dr. David, Sp.B, FINACS
dr. David, Sp.B, FINACS
Dokter Spesialis Bedah
Alo dokter!
Bila dilihat dari foto dan keterangan nya, kondisi ini lebih condong ke suatu skrofluroderma (Tb kulit) dimana sudah terbentuk abses disitu.
Penanganan kasus seperti ini tentunya tidak cukup hanya terapi antibiotik saja, namun memerlukan tindakan drainase abses, debridement, kultur jaringan dasar abses serta pemeriksaan patologi anatomi utk konfirmasi diagnostik nya. 
Semoga bermanfaat! 
11 September 2019, 06:05
dr.Samira
dr.Samira
Dokter Umum
Setuju dok, nice info 👍👍
10 September 2019, 16:04
Nice case Dok.