sampai kapan bayi harus dibangunkan 2 jam untuk menyusui? - Diskusi Dokter

general_alomedika

dok, sampai usia berapa bayi dibangungkan setiap 2 jam untuk menyusu ya?

Diskusi Dokter

  • sampai kapan bayi harus dibangunkan 2 jam untuk menyusui?

  • dok, sampai usia berapa bayi dibangungkan setiap 2 jam untuk menyusu ya?

      dr.Bedry Qintha
    Moderator

    Alo dok!

    Setau saya rekomendasi mengenai berapa kali bayi harus menyusui dalam sehari itu tidak ada patokan sakleknya dok. Normalnya, rata-rata bayi sehat akan menyusu 8-12 kali dalam sehari, artinya sekitar setiap 1,5 jam atau 2 jam bayi akan minta disusui.

    Pada minggu-minggu pertama kehidupan, bayi bisa minta menyusui dalam rentang tersebut bahkan saat malam hari, tapi setelah bayi sudah lebih accustomed dengan kehidupan di luar rahim dan mengenali siang-malam, dia akan punya jadwal lebih rutin untuk menyusu dan biasanya jumlah menyusu akan turun menjadi 8 kali sehari (kecuali jika sedang growth spurt).

    Kalo anak saya dulu, saya susui on demand, jadi tidak pakai patokan 2 jam sekali. Jadi kalo dia sudah mulai lapar saya susui saja. Dan BB anak saya naik sesuai growth chart (bahkan super ginuk-ginuk).

    Yang lebih penting daripada jadwal menyusui adalah mengajarkan ibu untuk melihat tanda kecukupan ASI (jumlah BAK, bayi tampak kenyang dan tenang setelah disusui, payudara terasa lembut, antropometri dan perkembangan sesuai usia). Lengkapnya bisa dibaca artikel-artikel dari IDAI dan AAP mengenai breastfeeding dok. Super lengkap.

      dr. Andre
    Moderator

    Sedikit menambahkan, Alomedika memiliki diskusi sejenis mengenai jadwal pemberian susu formula saat tidur malam bayi. Yang terpenting bukanlah membuat jadwal minum secara strict seperti yang ditanyakan (membangunkan bayi setiap .. jam untuk menyusu) tapi memberikan ASI on demand sambil mengamati tanda lapar/feeding cues, kecukupan cairan, dan tanda bahaya. Tiga aspek ini yang harus Anda edukasi kepada pasien supaya Ibu bisa menyusui bayi dengan baik.