Menjawab pertanyaan obat dalam Chat Bersama Dokter - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO Dokter!Bagi sejawat medical advisor tentu tidak jarang mendapatkan pertanyaan konsultasi dari pengguna yang menanyakan secara spesifik tentang obat...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Menjawab pertanyaan obat dalam Chat Bersama Dokter

    17 September 2021, 15:09

    ALO Dokter!

    Bagi sejawat medical advisor tentu tidak jarang mendapatkan pertanyaan konsultasi dari pengguna yang menanyakan secara spesifik tentang obat tertentu. Dalam menjawab pertanyaan tersebut, Dokter tetap perlu membuka dengan anamnesis untuk mengetahui kondisi dan keluhannya terlebih dahulu, mengenai obat yang ditanyakan juga dapat Dokter pastikan apakah memang sudah disarankan oleh dokter atau pengguna membeli secara bebas tanpa resep dokter. Dalam penjelasan, Dokter tidak dapat menuliskan dosis atau aturan pakai di dalam percakapan, namun Dokter bisa resepkan obat yang sesuai dan anjuran dosis serta aturan pakai di dalam resep demi keamanan user dan juga Dokter. Selain itu, Dokter juga bisa menjelaskan mengenai indikasi, kontraindikasi, atau efek samping mengenai obat yang ditanyakan, serta berikan juga penjelasan klinis terkait keluhan yang dialami user.

    Bagaimana pengalaman rekan-rekan sejawat dalam menjawab pertanyaan seputar obat? Apakah ada kendala yang dialami? Mari kita diskusikan bersama.

18 September 2021, 05:52
Alo dr. Olvy, didasarkan pengalaman tidak sedikitnya user yang bertanya langsung mengenai obat dan dosisnya, maka disini prinsipnya ialah mengutamakan keselamatan pasien. Anamnesis awal sangat penting dilakukan untuk menetapkan kesesuaian indikasi. Apabila tidak sesuai, maka sebagai Dokter bisa melakukan edukasi untuk tidak menggunakan obat yang ditanya dan dapat meresepkan obat lain yang lebih tepat. Jika sudah tepat indikasi, namun user belum memiliki resep terhadap obat yang ditanyakan (membeli bebas), sesuai regulasi maka tetap dituliskan dalam resep dan tidak lupa edukasi kepada user mengenai dosis dan cara pakai tidak dapat dituliskan dalam chat, tetapi bisa dilihat dalam resep.
18 September 2021, 06:42
Alo dr. Olvy, saya ingin bertanya, bagaimana halnya bila pasien telah mendapat resep pada hari tersebut sehingga untuk menjelaskan dosis nya tdk bs melalui resep lg? Apakah boleh melalui chat dok setelah anamnesis nya dl? Terima kasih sblmnya dok 🙂