Menghindari malingering pada pasien yang minta surat sakit - Diskusi Dokter

general_alomedika

Mohon konsulnya TS,pada beberapa pasien ada yang bermaksud hanya ingin meminta surat ijin sakit,terutama sering terjadi apabila berdekatan dengan hari libur...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Menghindari malingering pada pasien yang minta surat sakit

    22 September 2018, 11:46

    Mohon konsulnya TS,pada beberapa pasien ada yang bermaksud hanya ingin meminta surat ijin sakit,terutama sering terjadi apabila berdekatan dengan hari libur panjang,apakah ada protap resmi berapa hari maximal yang diberikan untuk pasien rawat jalan?dan bagaimana menghindari dan mencegah malingering secara efektif?dikarenakan kebanyakan pasien hanya mengeluh keluhan yang sangat subyektif seperti contohnya nyeri kepala yang jarang ditemukan dari pemeriksaan fisik,dan untuk keluhan tertentu juga memerlukan pemeriksaan penunjang yang tidak selalu tersedia di praktek pribadi.

22 September 2018, 13:35
Alo dokter!
Wah ini menarik sekali topiknya dan saya sendiri sering galau dan sering ketemu di praktek.
Kalo menurut saya dok.. semisal pasien datang karena keluhan nyeri kepala kemudian pada pemeriksaan kita tidak ketemu apa-apa dan menurut kita tidak membatasi pekerjaan, maka kita boleh menolak memberikan surat keterangan sakit. Apabila pasien memaksa kita, dapat kita jelaskan bahwa mengeluarkan surat sakit untuk pasien yang secara klinis tidak memerlukan adalah melanggar hukum dan kode etik kedokteran.
Pemalsuan surat sakit oleh dokter melanggar Pasal 276 KUHP dan dapat dihukum penjara 4 tahun.
Melanggar pasal 7 kode etik kedokteran yang berbunyi : "Seorang dokter wajib hanya memberikan surat keterangan dan pendapat yang telah diperiksa sendiri kebenarannya".
22 September 2018, 15:01
kalau saya di beberapa tmpt kerja sih maksimal 3 hr dok.. tp kl memang subjektif sekali dan saya rasa tdk perlu, saya biasa hanya kasih 1 hari, untuk gantikan hari berobat di hari ini saja.. memang sebel sih ya dok.. kdg keluhan pegal2 terus minta 3 hari.. aduh.. 😅kdg saya tembak jg 'ini ibu beneran sakit apa cm krn mau anter anak berobat terus minta bolos sampai berhari2?'.. sudah begitu biasa dia malu dan cm senyum2.. saya sampaikan aja kalau kondisi spt ini tdk butuh surat istirahat.. begitu sih dok.. cm kadang pasiennya ada yg ngotot, bingung jg handlenya gimana.. pernah jg saya sampaikan kl peraturan dr tmpt kerja demikian, jd kalau mau surat sakit modified silakan hadap direktur.. lalu dia menghadap beneran 😅saya ga ikuti lagi kelanjutannya gimana wkt itu.. hehe
22 September 2018, 15:03
oh dulu wkt saya di puskesmas, diakali dgn membuat surat keterangan berobat saja dok.. jd kt bs blg 'sptnya kondisi ini tdk perlu istirahat ya, saya kasih surat keterangan berobat saja'.. jd pasien tetap tenang krn dpt surat untuk hr itu,tp kt jg gak bohong krn yg kt tulis benar adanya, yaitu hanya menyatakan bhw pasien memang datang ke klinik pd hari ybs..
22 September 2018, 17:10
terimakasih banyak dokter