Alo, teman sejawat semua. Saya ingin berdiskusi mengenai pasien yang konsultasinya sangat lama, tidak selesai2, bahkan setelah dokter sudah offline dokter...
Mengatasi pasien yang tidak selesai-selesai saat konsultasi online - Diskusi Dokter
general_alomedikaDiskusi Dokter
- Kembali ke komunitas
Mengatasi pasien yang tidak selesai-selesai saat konsultasi online

Alo, teman sejawat semua. Saya ingin berdiskusi mengenai pasien yang konsultasinya sangat lama, tidak selesai2, bahkan setelah dokter sudah offline dokter tetap dicecar pertanyaan dan tidak sungkan sama sekali untuk terus bertanya, dan pertanyaannya diulang2 kembali. Ingin rasanya mengakhiri percakapan sesegera mungkin, namun kita semua tahu, bahwa ulasan pasien sangat berpengaruh pada banyaknya kita mendapatkan pasien. Misalkan kita dapat ulasan negatif, atau rating turun, pasti pasien juga bertambah sedikit.
Apakah ada yang punya solusi, supaya tidak terjadi demikian karena saya sudah beberapa kali mengalami hal seperti ini. Terima kasih



Untuk take down komentar negatif, sementara ini ada juga yang mengalami demikian, tp tidak kunjung ditake down oleh pihak alodokter

Alo dr. Winda Nirmala Sari Sp.N, coba bantu menjawab ya dokter. Dalam menghadapi user yang seperti itu, mungkin bisa dikomunikasikan kembali dan ditegaskan kembali perihal yang masih belum jelas atau yang masih ingin ditanyakan agar lebih terfokus, jika nantinya masih diulang-ulang dengan pertanyaan yang sama dan sudah jam offline dokter, dokter bisa berikan kesimpulan akhir sekaligus pengertian pada user bahwa sesi konsultasi sudah berakhir jadi bisa anjurkan untuk konsultasi kembali saat di jam online dokter selanjutnya.
Jika nantinya ada hal-hal yang perlu didiskusikan lebih lanjut, dokter juga dapat mengubungi nomor kontak tim Quality Control Alodokter ya dok. Terima kasih dokter, semoga membantu.

Akhirnya saya akhiri ketika ada waktu 30 menit tidak dibalas langsung saya tutup, sambil doa tidak dikasih rating jelek 😔
Saya juga sudah menghubungi tim alomedika terkait pasien yang demikian, namun jawaban hanya normatif saja..





Terima kasih atas sarannya 😊




Setelah pertanyaan mengenai dirinya terjawab, ganti pertanyaan sodaranya, setelah terjawab ganti lagi ke tetangganya..
Ato 1 keluhan terjawab, tanya lagi keluhan lainnya, kalo sudah terjawab pun tanya lagi keluhan lainnya (seluruh tubuh, tidak hanya saraf).
Ini beberapa kali saya temukan begini..
Jadi ada beberapa pasien yang benar2 ingin memanfaatkan semaksimal mungkin konsultasi 35rb untuk bertanya semua permasalahan kesehatan, mulai dari dirinya sampe kerabat2nya..
Ketika saya coba peringatkan dengan halus, langsung jawabannya ketus.
Betul sekali dok, saya setuju memang seharusnya ada batasan waktu dan disclaimer dari awal oleh tim alodokter bahwa pertanyaan hanya 1 topik dan untuk 1 orang saja

Menurut saya di sini tim management juga perlu andil supaya pasien sudah tau aturan “main” ini karena tidak semua dokter bisa mengutarakan dg tegas pasien hanya boleh satu keluhan satu org saja yang dikonsulkan













Karena ada beberapa pasien yg suka cari2 pertanyaan (tidak mau di-end chat, alias ga mau rugi)


Karena tidak semua dokter mampu mengutarakan bahwa tidak boleh konsultasi lebih dari 1 topik dan lebih dari 1 orang 😊




Ada salah satu RS di Bandung yg memberikan fasilitas telemedicine, peralatan, waktu, alat, dan tempat difasilitasi RS. aturan nya, sesi konsultasi hanya dilakukan 30 menit, biaya nya hampir sama dengan datang ke poliklinik di RS tsb, dan peminatnya sangat banyak. Setelah 30 menit, sesi berakhir.
Mungkin perlu dibuat aturan juga oleh tim alomedika mengenai durasi konsultasi, agar sesi konsultasi menjadi lebih efektif, dokter dapat mengatur waktu, dan pasien pun memanfaatkan waktu dg sebaik-baiknya.
Semoga membantu.
