Apakah Membunyikan Punggung (Back Cracking) untuk Nyeri Punggung Memiliki Dasar Ilmiah atau Hanya Pseudoscience - Diskusi Dokter

general_alomedika

Membunyikan punggung (back cracking) seperti yang banyak dilakukan ahli chiropractic apakah benar-benar bermanfaat dan terdapat bukti ilmiah atau hanya efek...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Apakah Membunyikan Punggung (Back Cracking) untuk Nyeri Punggung Memiliki Dasar Ilmiah atau Hanya Pseudoscience

    24 November 2019, 16:41

    Membunyikan punggung (back cracking) seperti yang banyak dilakukan ahli chiropractic apakah benar-benar bermanfaat dan terdapat bukti ilmiah atau hanya efek plasebo, pseudoscience?


    Ada beberapa pasien yang memiliki masalah nyeri punggung, merasa berkurang nyerinya atau bahkan hilang setelah membunyikan punggung (back cracking), dan juga merasa range of movementnya membaik.

24 November 2019, 16:58
Nice sharing ini sptnya Dok, izin ikut menyimak ya 🙏
24 November 2019, 18:49
dr. Aries Rakhmat, Sp.OT
dr. Aries Rakhmat, Sp.OT
Dokter Spesialis Ortopedi
Sekedar share ya, sejauh yang saya tahu, belum ada evidence based yang secara meyakinkan membuktikan bahwa teknik manipulasi pada chiropractic efektif terhadap terapi backpain. Bahkan beberapa ahli menyatakan dilarang menggunakan teknik manipulasi ini pada segmen cervical karena lebih banyak bahaya daripada manfaatnya.

Saat ini beredar beberapa jurnal chiropractic association (mereka punya beberapa jurnal sendiri untuk menerbitkan penelitiannya). Menariknya salah satu jurnal mereka menyebutkan bahwa "audible cracking" lebih memberikan terapi psikologis daripada terapi fisiologis, linknya saya sebutkan di bawah:

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1769448/

Mungkin karena keterbatasan saya, teman2 sejawat mungkn punya evidence yang lebih meyakinkan mengenai topik ini mohon share sebagai bahan wawasan, karena ini juga sering menjadi pertanyaan pasien juga. Terimakasih.

Salam