Medical Services Provider - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokterDewasa ini perkembangan bidang kedokteran semakin meluas. Mulai dari hulu sampai hilir. Sedikit sharing mengenai bidang yang saya tekuni yakni...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Medical Services Provider

    13 Agustus 2019, 23:10

    Alo dokter


    Dewasa ini perkembangan bidang kedokteran semakin meluas. Mulai dari hulu sampai hilir. Sedikit sharing mengenai bidang yang saya tekuni yakni medical service provider. Belakangan ini semakin banyak medical service porvider. Mereka saling berkompetisi satu sama lain baik di sisi harga maupun services yang mereka tawarkan. Tentunya market mereka adalah dunia energi dan industri. 


    Dari pengalaman saya selama beberapa tahun, persaingan semakin ketat. Pada akhirnya provider provider ini menawarkan paket paket tertentu. Semisal, untuk setiap 3 perawat yang disewa oleh client seharga 8 digit untuk standby dan treat patient, bonus satu orang dokter secara cuma cuma. Terasa menjadi barang yang diperdagangkan. Tentu ini pendapat saya pribadi.


    Di saat penempatan, bayangan sebagai 5 star doctor pun hanya sebagai embel embel. Tidak sedikit tempat yang mempekerjakan taraf akademik lebih rendah dan tidak linear menjadi pimpinan. 


    Mohon pendapat sejawat dari berbagai perspektif

    Salam

14 Agustus 2019, 08:53

Alo Dokter, 

sedikit sharing saja, Dok.. sebelumnya Saya juga pernah bekerja di salah satu medical service provider dan memang yang menjadi pimpinan bukanlah sosok yang berlatarbelakang medis ataupun berpendidikan tinggi, namun memang memiliki pengalaman yang jauh lebih lama dalam bidang ini. Menurut Saya, memang hal itu diperlukan, karena kita sebagai Dokter juga kadang tidak terlalu mau dipusingkan dengan urusan2  dan biaya nonmedis seperti mengurus pickup dan antar jemput, tempat tinggal,  sewa menyewa transport jika diperlukan dan sejuta detail lainnya diluar medis. 

Namun di tempat kerja Saya dahulu, kebetulan dibagian evakuasi medis, ada satu kolaborasi yang baik antara dokter-dokter (yang dikepalai oleh satu dokter senior) dengan staf non medis di bagian medical services untuk menentukan dan mengambil keputusan dari sisi medisnya, mengenai apakah pasien memang membutuhkan transport/evakuasi atau tidak dan penilaian sebenarnya pendamping medis apa yang diperlukan, apakah memang memerlukan dokter (mulai dokter anestesi, dokter ICU atau dokter umum) dan perawat atau tidak. Dan tentu dari bagian Dokter tetap mengemukakan alasan medis dibelakangnya kenapa diambil keputusan seperti itu. 

Dari pengalaman, sewaktu itu apabila kita memang memiliki alasan medis yang kuat dan bisa menyampaikannya dengan tepat ke pasien, maka mereka juga bisa menerima, Dok mengapa harus menggunakan dokter dan bukan perawat saja, sehingga Saya belum pernah merasakan sebagai "barang komoditi" dan kalaupun ada klien yang membatalkan karena memilih paket yang lebih "murah" ya, itu sudah menjadi risiko bagi si Klien sendiri, Dok...

Kalau seperti yang Dokter infokan, 3 nurse dapat 1 free dokter, Saya rasa mungkin ini lebih ke arah strategi marketingnya saja...  karena pada dasarnya mungkin sebenarnya perhitungan fee untuk masing2 Nurse dan Dokter sudah masuk dalam perhitungan keseluruhan biaya "Paket Promo". 

Mungkin rekan2 yang lain ada yang bisa sharing juga :)