Makan daging kambing untuk penderita hipertensi - Gizi Klinik Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat sore dr. Nurly SpGK.. apakah penderita hipertensi masih diperbolehkan makan daging kambing? apakah ada kondisi yang dibolehkan dan sangat tidak...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Makan daging kambing untuk penderita hipertensi - Gizi Klinik Ask the Expert

    07 Juli 2022, 15:56
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Selamat sore dr. Nurly SpGK.. apakah penderita hipertensi masih diperbolehkan makan daging kambing? apakah ada kondisi yang dibolehkan dan sangat tidak boleh? Biasanya ini ditanyakan oleh pasien menjelang hari kurban besok. Terimakasih

07 Juli 2022, 16:34

Alo Dok, terima kasih pertanyaannya ya

Daging kambing ada 2 macam ya.. yang pertama adalah kambing dan yang lainnya adalah domba. Kandungan lemak dari daging kambing lebih rendah dibanding daging sapi, dan kandungan lemak daging domba lebih tinggi dibanding daging sapi. Tapi kebanyakan masyarakat sulit membedakan mana yang domba mana yang sapi bila sudah terpotong di gerai penjualan daging. 

Daging hewan dan makanan hewani lainnya memang mengandung TMA (trimethylamine) yang akan dikonversi oleh bakteri usus menjadi TMAO (trimethylamine N-oxide) yang merupakan penyebab aterosklerosis pada binatang yang ditemukan meningkat pada pasien dengan jantung koroner. Tapi studi yang mengaitkan antara konsumsi daging kambing/domba dengan hipertensi tidak ada. seringkali lebih disebabkan karena jumlah yang mungkin berlebihan, atau bumbu yang digunakan dalam pebgolahannya terutama garam, yang menyebabkan kenaikan tekanan darah. seringkali juga karena mitos ini sangat populer, sehingga pasien merasa gelisah dan meningkatkan tekanan darahnya. 

Jadi selamat menikmati daging kambing yang diolah dengan rendah garam atau santan dan dalam porsi yang sesuai dengan anjuran (tidak berlebih-lebihan) 

demikian semoga menjawab pertanyaannya 

08 Juli 2022, 08:45
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum

sangat lengkap edukasinya.. terimakasih dokter

08 Juli 2022, 09:28
Saya suka dengan kalimat, "selamat menikmati daging kambing", terima kasih banyak informasinya dok. Tuhan memberkati 🙏