Pemilihan Letrozole atau Clomiphene Citrate (CC) untuk tata laksana PCOS - Diskusi Dokter

general_alomedika

Malam docs, Kmrn saya membaca mengenai induksi ovulasi pada pasien PCOS. Saat ini digambarkan letrozole yg dulu hanya digunakan dalam kondisi khusus mulai...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pemilihan Letrozole atau Clomiphene Citrate (CC) untuk tata laksana PCOS

    26 Oktober 2018, 20:16

    Malam docs,



    Kmrn saya membaca mengenai induksi ovulasi pada pasien PCOS. Saat ini digambarkan letrozole yg dulu hanya digunakan dalam kondisi khusus mulai banyak digunakan menggantikan clomiphene cytrate (CC).



    Apa sejawat dokter umum dan dokter spesialis ada yg pernah punya pengalaman terkait hal ini? Kebetulan kmrn ada user yg tanya jg kenapa dia diberinya Letrozole oleh dokternya dan apa beda manfaatnya dgn CC.



    Apa di Indonesia letrozole jg sdh digunakan cukup sering? Kalau belum, apa krn masih lbh banyak memakai CC atau krn availabilitas saja kah?



    Terima kasih sebelumnya.

26 Oktober 2018, 20:43
dr. Alni
dr. Alni
Dokter Umum

Malam Dok, 

Kalau menurut beberapa jurnal, misalnya New England Journal pada tautan ini https://www.nejm.org/doi/full/10.1056/NEJMoa1313517 

Jika dibandingkan dengan clomiphen, letrozole menunjukkan angka ovulasi dan angka kelahiran hidup yang lebih tinggi pada pasien PCOS. 

Untuk ketersediaan dll, karena sehari-hari Saya tidak banyak berhubungan dengan pasien PCOS, maka mungkin sejawat lain bisa menambahkan.

Semoga cukup membantu 

 

27 Oktober 2018, 05:53
letrozole sangat mahal dok dan efektifitasnya beda tipis dengan CC. kemudian obatnya juga sulit didapatkan, beredarnya dikota2 besar dan pusat2 infertilitas saja.