Kulit kering dan sidik jari rusak - Kulit Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat pagi dr. Sondang, Sp.KK..Mohon izin bertanya Dokter..Wanita usia 30 tahun dengan keluhan kulit jari tengah tangan kanan kering semenjak 1 tahun yang...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Kulit kering dan sidik jari rusak - Kulit Ask The Expert

    05 Maret 2021, 10:54

    Selamat pagi dr. Sondang, Sp.KK..

    Mohon izin bertanya Dokter..

    Wanita usia 30 tahun dengan keluhan kulit jari tengah tangan kanan kering semenjak 1 tahun yang lalu. Pencetus tidak diketahui, riwayat alergi disangkal, riwayat kontak dengan iritan disangkal. Awal keluhan muncul terasa gatal kemudian diberikan krim pelembab dan rasa gatal hilang. Akan tetapi hingga sekarang kulit tidak kunjung kembali seperti semula meskipun sudah rutin menggunakan hand cream. Kulit jari tetap nampak kering dan teraba kasar serta sidik jari nampak rusak. Apakah perlu diberikan terapi kortikosteroid topikal Dokter? Mohon petunjuknya Dok. Terima kasih banyak dr. Sondang, SpKK.

05 Maret 2021, 11:08

Alo. Tampaknya pasien tsb mengalami dermatitis berulang pada jarinya, sehingga merusak garis2 sidik jari. Yang terpenting adalah mencari penyebab dan menghindarinya, pada kasus ini perlu ditanyakan apakah sering memegang sayuran, bercocok tanam, menggunakan detergen (mencuci pakaian/ pakaian dalam / alat makan, dll), atau menggunakan krim wajah yang dioleskan dengan jari tangan tsb dan setelahnya tidak dicuci bersih. 

Melihat tampilan klinis tidak ada tanda inflamasi, tidak perlu diberikan kortikosteroid topikal, cukup pelembab (tanpa pewangi) yang dioleskan setiap selesai mencuci tangan.

terima kasih, salam