Kontrasepsi untuk ibu menyusi - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter... Apakah pil kb laktasi bisa diminum ibu menyusui yang belum mendapatkan menstruasi selepas nifas? Usia bayi 8 bulan,dan ibu sudah test pack...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Kontrasepsi untuk ibu menyusi

    19 Desember 2020, 14:59
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter... Apakah pil kb laktasi bisa diminum ibu menyusui yang belum mendapatkan menstruasi selepas nifas? Usia bayi 8 bulan,dan ibu sudah test pack hasilnya negatif. Mohon saran juga pilihan kontrasepsi yang tidak mengganggu produksi ASI karena ibu ingin menyusui bayi selama 2 tahun. Terimakasih.

19 Desember 2020, 15:11
Alo, dok.izin menjawab.
Alat kontrasepsi yang aman untuk ibu menyusui adalah:
1. Pil KB progestin
2. Suntik KB progestin
3. IUD progestin
4. KB susuk atau implan progestin
5.kondom
6. Kontrasepsi diafragma
7. Amenore laktasi (kontrasepsi alami)
Progestin atau progesteron adalah hormon yang justru bisa membantu produksi ASI.Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di https://www.alodokter.com/memilih-kontrasepsi-yang-aman-untuk-ibu-menyusui
20 Desember 2020, 05:59
Alo Dokter,

Boleh dok, krn saat ini sudah tdk asi ekslusif, maka bisa digunakan menggunakan metode kb konsumsi pil laktasi atau jika ingin jangka panjang bisa gunakan IUD dok.   Bila saat ini blm mens tapi hasil test pack negatif, maka boleh langsung menggunakan/diberikan KB tapi tetap dianjurkan untuk menggunakan kondom atau tunda hub seks pada 7 hari pertama setelah penggunaan pil.

Ref: Rekomendasi Praktik Terpilih pada Penggunaan Kontrasepsi 2016 WHO 

20 Desember 2020, 20:50
Menyusui sendiri adalah kb alami bagi ibu balita
20 Desember 2020, 22:16
Alo Dokter,Mengingat usia bayi sudah 8 bulan, maka pilihan untuk KB alami yaitu Metode Amenorea Laktasi (MAL) sudah tidak efektif digunakan. Saya lebih menyarankan untuk ibu menggunakan IUD karena tidak berpengaruh kepada hormon dan dapat menyukseskan niat ibu untuk melanjutkan menyusui hingga 2 tahun. Lalu pilihan selanjutnya diikuti oleh Pil KB Progestin, Suntik KB Progestin, dan Implan Progestin yang mana tidak mengandung estrogen sehingga tetap dapat mempertahankan supply ASI. Pilihan terakhirnya adalah penggunaan kondom tentunya harus dengan kepatuhan yang tinggi.Terima kasih, semoga membantu.