Konsumsi Obat selama Puasa - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dokter, menjelang Ramadhan, sudah mulai banyak pertanyaan User tentang persiapan untuk puasa termasuk masalah obat.Dulu memang sempat dibahas, namun...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Konsumsi Obat selama Puasa

    20 April 2020, 11:32

    Alo Dokter, menjelang Ramadhan, sudah mulai banyak pertanyaan User tentang persiapan untuk puasa termasuk masalah obat.


    Dulu memang sempat dibahas, namun kesulitan untuk mencari lagi.


    Saya ingin menanyakan terkait aturan minum obat selama berpuasa, terutama untuk obat yang dikonsumsi lebih dari 3 kali sehari. Pada kondisi apa saja obat boleh dikonsumsi lebih 3 kali saat berpuasa? apakah hanya boleh untuk obat simtomatis saja. Bagaimana untuk OAT misalnya, apa pasien boleh berpuasa dengan tetap mengkonsumsi obat 3 kali sehari (waktu berbuka, sebelum tidur, dan saat sahur)?


    Terimakasih atas infonya Dok.

20 April 2020, 12:37

Alo dr. Nurul, izin bantu menjawab ya dok, 

Dari sumber yang saya dapat dari Ditjen Yankes Kementrian Kesehatan, penggunaan obat saat puasa terbagi menjadi obat yang diminum 1 kali sehari bisa diminum saat sahur atau malam hari ketika berbuka puasa, obat yang diminum 2 kali sehari bisa diminum saat sahur dan berbuka puasa, kemudian untuk obat 3 kali sehari atau lebih bisa dikonsultasikan dulu kepada dokter yang memberikan apakah ada alternatif lain yang sejenis namun dapat dikonsumsi 1 atau 2 kali sehari atau obat sama namun memiliki sistem pelepasan obat secara lepas lambat atau memiliki aktivitas obat yang panjang. Namun jika harus diminum sesuai aturan awal maka bisa dikonsumsi saat sahur, berbuka puasa, dan malam sebelum tidur sekitar pukul 22.00-23.00. 

 

mungkin seperti itu dok dari sumber yang saya dapatkan, mungkin ada TS lain yang menambahkan diskusi silahkan.. terima kasih.

20 April 2020, 13:08
Terimakasih atas infonya ya Dok.
20 April 2020, 13:07

Alo Dok,

Untuk konsumsi obat yang frekuensi minumnya 3-4 kali sehari bisa disesuaikan etiketnya dok. Misalnya, pada obat yang sebelumnya dikonsumsi tiap pagi, siang dan malam hari dikonsumsi menjadi saat sahur, pada tengah malam dan saat berbuka puasa. Saya lampirkan infografisnya ya dokter.

20 April 2020, 13:08
Terimakasih atas infonya ya Dok Pika.