konsul pasien hamil dengan ulkus gaster - Diskusi Dokter

general_alomedika

Pasien hamil 13 minggu riwayat mual muntah berlebih semenjak hamil 9 minggu sampai 12 minggu. Sebelum masuk RS pernah muntah darah banyak berwarna merah...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • konsul pasien hamil dengan ulkus gaster

    26 Januari 2019, 17:40

    Pasien hamil 13 minggu riwayat mual muntah berlebih semenjak hamil 9 minggu sampai 12 minggu. Sebelum masuk RS pernah muntah darah banyak berwarna merah gelap dan kecoklatan. Setelah keluar dari RS pasien sering mengeluh perut terasa nyeri meskipun telah meminum obat dari RS.

    Yang ingin saya tanyakan obat2 apakah yang tepat untuk pasien tersebut? Dan apakah penggunaan obat2an seperti sitoprotector, H2 blocker, dan antacid aman digunakan pada pasien hamil tersebut selama 8 minggu sesuai dengan pengobatan ulkus gaster. Terimakasih

26 Januari 2019, 18:37
Alodokter
Idealnya memang kalau pernah muntah darah karena problem pencernaan perlu konsumsi obat obatan bahkan kalau perlu endoskopi utk hilangkan keluhan ya. Sepemahaman saya memang pilihannya adalah PPI. Selain PPI kurang efektif. 
Tapi PPI, seperti omeprazole itu golongan C. Jadi tidak disarankan ya. Justru golongan h2 bloker seperti ranitidin yang golongan B. 
Pada kasus anda memang kasus spesialistik ya. Jadi memang perlu berhati hati dan kolaborasi antara dokter kandungan dan dokter penyakit dalam. 
Jangan lupa edukasi untuk membantu kurangi keluhan ulkus ya
26 Januari 2019, 20:18
Sangat bermanfaat infonya Dok. 
26 Januari 2019, 22:41
Terimakasih dokter atas masukannya..sangat bermanfaat
26 Januari 2019, 20:22
Mohon maaf dr. Jayanti saya ada sedikit pertanyaan. Obat obatan dari RS yang dimaksud apa saja dokter? 
26 Januari 2019, 22:43
Pasien sudah minum obat sucralfat,ranitidin dan ondancentron juga diet sesuai saran dari dokter tapi keluhan nyeri perut belum juga membaik
26 Januari 2019, 22:34

selamat malam Dokter, pada kasus adanya ulkus peptikum pada kehamilan, menurut link berikut https://emedicine.medscape.com/article/186225-overview#a6  perubahan pola makan (diet) dan pola hidup  misal dengan menghindari makanan yang terlalu berlemak, makanan yang terlalu asam, penggunaan NSAID, cafein, merokok, dan pengelolaan stress dan kecemasan wajib dilakukan, (mungkin untuk pasiennya harus dievaluasi kembali Dokter bagaimana kepatuhan terdapat pola hidup nya sendiri). Penggunaan H2 reseptor antagonis seperti Cimetidine, Ranitidin, Famotidin merupakan pilihan pertama pada kasus Ulkus Peptikum, Lansoprazole dilaporkan aman dalam kehamilan (saya sempat lihat mims https://www.mims.com/indonesia/drug/info/lansoprazole/?type=brief&mtype=generic juga Dokter untuk Lansoprazole kategorinya B, namun memang omeprazole C Dokter). 

 

 

26 Januari 2019, 22:44
Terimakasih dokter atas informasinya..sangat membantu
27 Januari 2019, 09:13
Sangat bermanfaat infonya Dok.