Penanganan bagaimana yang tepat untuk pasien dengan gejala kolik renal akibat batu ginjal - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter!! mau mananyakan. Pada pasien dengan gejala kolik renal pilihan tetapi yang paling baik apakah antinyeri atau antispasmodik ya dok?kamudian terapi...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penanganan bagaimana yang tepat untuk pasien dengan gejala kolik renal akibat batu ginjal

    23 September 2020, 15:16
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter!! mau mananyakan. Pada pasien dengan gejala kolik renal pilihan tetapi yang paling baik apakah antinyeri atau antispasmodik ya dok?kamudian terapi medikamentosa untuk pasien pulang apa saja? Apakah herbal seperti batugin dapat membantu peluruhan batu ginjal?? Terima kasih dok

23 September 2020, 15:42

Alo dokter,

selamat siang, mungkin saya bisa membantu menjawab.

1. Untuk tatalaksana simptomatik nyeri e.c. kolik renal, baik antinyeri ataupun antispasmodik sama-sama baik untuk mengatasi gejala nyeri. Untuk itu, kedua jenis obat-obatan tersebut boleh diberikan sebagai obat simtomatik bagi pasien dengan kolik renal yang rawat jalan.

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3961032/#:~:text=Hyoscine%20butyl%20bromide%20(Buscopan%20TM,renal%20colic%20pain%20(2).

https://www.cochrane.org/CD006027/RENAL_nonsteroidal-anti-inflammatory-drugs-are-effective-treatment-for-acute-renal-colic 

Akan tetapi, saran saya, pertimbangkan juga untuk melakukan pemeriksaan lain, seperti urografi, foto Rontgen, dan tes darah dan urine, untuk mendiagnosis kemungkinan kondisi penyerta lain yang bisa muncul beserta kolik renal, misalnya ISK, nefrolitiasis, atau ureterolitiasis.

2. Jika dirawat jalan, edukasi pasien untuk banyak minum air putih dan jangan menahan pipis. Berikan edukasi juga kepada pasien terkait gejala yang perlu diwaspadai, misalnya jika nyeri tidak mereda atau justru semakin parah, terdapat darah pada urine, atau jika frekuensi urine berkurang atau bahkan anuria. Sarankan pasien untuk segera kontrol apabila mengalami keluhan tersebut.

 

3. Setahu saya, berbagai riset sejauh ini menunjukkan hasil yang inkonklusif terkait efektivitas dan manfaat terapi alternatif herbal sebagai penatalaksaan batu saluran kemih atau kolik renal. Sources:

-https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/27844243/

-https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7020841/

-https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7020841/

Semoga bermanfaat, CMIIW.