Kemungkinan Kaitan Antara LED tinggi pada Anak yang Sulit Naik Berat Badan - Anak Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Joko Kurniawan, Sp. A, izin bertanya dokter.Seorang ibu mengeluhkan anak laki lakinya sulit untuk naik berat badan, dan menurut dokter anak masuk ke...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Kemungkinan Kaitan Antara LED tinggi pada Anak yang Sulit Naik Berat Badan - Anak Ask The Expert

    19 Januari 2021, 12:21

    Alo dr. Joko Kurniawan, Sp. A, izin bertanya dokter.

    Seorang ibu mengeluhkan anak laki lakinya sulit untuk naik berat badan, dan menurut dokter anak masuk ke status gizi kurang.

    Sudah dilakukan pemeriksaan, dijumpai hasil hemoglobin rendah tapi sudah naik setelah diberi terapi dokter anak, LED tinggi mencapai 80-85, rontgen dada dalam batas normal, tes Mantoux negatif.

    Anak tidak mengalami demam tinggi ataupun batuk lama, namun sering mudah lelah. Kira kira pemeriksaan apa lagi yang akan dibutuhkan anak ini dokter, dan saran serta terapi apa yang dapat diberikan sebagai dokter umum, terimakasih sebelumnya.

    Terimakasih sebelumnya ­čÖĆ

19 Januari 2021, 12:24
Alo dr. Nurul pemeriksaan LED sendiri merupakan parameter yg tidak spesifik sehingga justru perlu dipertanyakan mengapa diperiksa jika memang keluhannya adalah berat badan sulit naik.
Masalah berat badan harusnya dievaluasi terlebih dahulu apakah aturan makan (feeding rules) sudah dijalankan dengan benar sesuai usia.
Masalah makan pada anak baik itu nafsu makan yg kurang baik, berat badan yg tidak naik seperti seharusnya seyogianya dapat teratasi dengan penerapan aturan makan yg benar (Perhatikan betul ya semua aturannya baik jadwal, komposisi dan cara pemberiannya).Jika dalam 2 minggu aturan makan benar2 sudah dijalankan, tetapi belum menunjukan hasil yg signifikan maka sebaiknya diperiksakan ke dokter untuk dicari tau penyebab yg lain yg membuat masalah makan atau berat badan anak tidak baik seperti
1. Infeksi. Infeksi pada anak seringkali tidak menunjukan gejala yg terlihat seperti infeksi saluran kemih, TBC, dll
2. Anemia defisiensi besi. Perlu dipastikan dengan pemeriksaan darah
3. Kelainan jantung yg harus diperiksa untuk memastikannya
4. Gangguan penyerapan makanan di saluran cerna
Atau hal2 lain yg harus dicari tau sesegera mungkin agar dapat diatasi
19 Januari 2021, 12:24
Baik dr. Joko, terimakasih atas informasinya dokter 🙏