Pasien laki laki usia 60 tahun dengan keloid dan gatal pada badan sejak 2 tahun yang lalu - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter. Saya menemui kasus di klinik. Laki laki usia 60 tahun datang dengan keluhan gatal pada badan yg dirasakan hilang timbul sejak 2 tahun yang lalu....

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien laki laki usia 60 tahun dengan keloid dan gatal pada badan sejak 2 tahun yang lalu

    24 September 2022, 17:18

    Alo dokter. Saya menemui kasus di klinik. Laki laki usia 60 tahun datang dengan keluhan gatal pada badan yg dirasakan hilang timbul sejak 2 tahun yang lalu. Pasien mengatakan setelah gatal muncul seperti daging tumbuh di badan dan beberapa terdapat sisik. Riwayat luka bakar diarea tubuh, operasi disangkal oleh pasien. Riwayat pengobatan (-)

    Apakah ini bisa ditegakkan keloid atau bisa jadi diagnosis lain ya dok?

    Terimakasih­čÖĆ­čĆ╗

24 September 2022, 18:54

Alodokter, izin ikut berdiskusi 

Diagnosis keloid ditegakkan secara klinis, berupa luka yang tumbuh melebihi batas luka awal, lebih padat, dan dapat disertai gejala seperti rasa gatal, nyeri, atau eritema. Sehingga pada case ini karena jelas ada  kejadian pendahulu yang diketahui yaitu luka bakar bisa diagnosisnya yaitu keloid.

Namun, dapat juga diagnosis bandingnya sebagai parut hipertrofik. Pembeda utama dari keduanya adalah batas luka apakah melebihi batas luka awal atau tidak, serta durasi proses pembentukan parut. Keloid memiliki batas yang melebihi batas luka awal, serta memiliki durasi pembentukan parut yang lebih lama dibandingkan parut hipertrofik.

Berikut sumber yang saya baca, cmiiw:

https://www.alomedika.com/penyakit/bedah-plastik/keloid/diagnosis

24 September 2022, 19:11
Terimakasih banyak dokter. Mohon maaf dokter ini kebetulan untuk riwayat luka bakar disangkal dokter. Jadi memang sebelumnya tidak ada luka pada awalnya
Jadi untuk ukk keoidnya terbentuk secara tiba2 saja begitu 🙏🏻
24 September 2022, 23:10
dr.Albert Linardy, SpB
dr.Albert Linardy, SpB
Dokter Spesialis Bedah
Alo dokter, kalau pendapat saya ini keloid, karena jelas pinggir luka tidak beraturan, dengan tidak jelas lagi parut aslinya seperti apa, sesuai dengan keluhan klinis pasien mengatakan gatal terkadang nyeri. Saya saran pasiennya dirujuk ke bedah plastik saja, tetapi di edukasi bahwa harus operasi bertahap yang artiannya bisa beberapa kali operasi dan bisa jadi tandur alih kulit. Pilihan lain adalah dengan agen kemoterapi (MTX) atau bahkan radioterapi. Kalau tidak mau dirujuk ya silakan diterapi dengan penyuntikan kortikosteroid intralesi, tetapi pengalaman saya dengan keloid seluas itu hampir tidak ada perbaikan yang kelihatan dengan terapi kortikosteroid intralesi.
Semoga bisa membantu
25 September 2022, 12:23
Baik dokter. Terimakasih banyak dokter atas sarannya. Waktu itu pasien sudah saya sarankan untuk meminta rujukan dokter karena kebetulan faskesnya bukan di klinik saat saya jaga.


Oh iya dokter saya sebenarnya masih bingung kenapa ya dok bisa muncul keloid padahal sebelumnya tidak riwayat luka apapun? Apakah karena ekskoriasi akibat garukan?
Terimakasih dokter

25 September 2022, 13:58
dr.Albert Linardy, SpB
dr.Albert Linardy, SpB
Dokter Spesialis Bedah
Terkadang luka seperti abrasio saja asalkan pasien punya kecenderungan untuk timbul keloid maka akan jadi keloid. Kalau tanpa adanya luka sepertinya tidak memungkinkan jadi keloid. Luka dalam hal ini yang harus dikejar itu luka akibat cacar air, atau herpes zoster, luka garukan karena alergi, luka karena jerawat, dll
25 September 2022, 18:25
Baik dokter terimakasih banyak atas ilmunya dokter🙏🏻
25 September 2022, 19:51
dr.Jasmin Thalib
dr.Jasmin Thalib
Dokter Spesialis Kulit
Alo dokter, lesi pada lengan dapat di DD dengan keganasan. Usul dilakukan pemeriksaan PA. Contoh jaringan dapat diambil dari bbrp lesi. Di rujukan ke RS untuk menegakkan diagnosa pasti nya dahulu. Semoga pasien berkenan.
26 September 2022, 10:35
Baik dokter terimakasih atas sarannya dokter🙏🏻
26 September 2022, 06:39
Dear.TS
Kalau dari  gambatannya menunjukkan itu keloid, dan pasti diawali dgn luka entah kecil atau besar, biasanya dilakukan terapi bedah atau terapi injeksi kortkosteroid dari TS  sp. Bedah paham tks
26 September 2022, 10:38
Baik dok terimakasih
Izin dok setelah anamnesis yg dilakukan kemarin pasien menyangkal adanya luka di badannya sudah saya tanyai mengenai luka bakar, riwayat operasi dan riwayat lesi. Tetapi dari semua yg ditanyakan disangkal semua oleh pasien dok🙏🏻
26 September 2022, 18:18
dr.Jasmin Thalib
dr.Jasmin Thalib
Dokter Spesialis Kulit
Keloid yang di abdomen kesan nya seperti luka bekas operasi ya. Apakah ada faktor psikis yaa berkaitan dengan riwayat luka tersebut. Kesan nya luka seperti bekas luka tusuk / luka bacot dan pasien menyangkal apakah ada kesan pasien trauma dengan masa lalu. Apakah pernah di lakukan heteroanamnesis?
27 September 2022, 06:38
Kok sekilas mirip psoriasis ya