Waktu yang tepat untuk rujuk pasien dengan stunting - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat malam, TS.Mohon asupannya, khususnya TS Spesialis Anak.Untuk anak dengan stunting, kapankah kita perlu melakukan rujukan lebih lanjut ke TS Spesialis...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Waktu yang tepat untuk rujuk pasien dengan stunting

    20 September 2020, 20:05
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Selamat malam, TS.

    Mohon asupannya, khususnya TS Spesialis Anak.

    Untuk anak dengan stunting, kapankah kita perlu melakukan rujukan lebih lanjut ke TS Spesialis Anak?

    Saya menemui kasus anak berusia 3,5 tahun, tinggi badan anak dibawah jauh dari garis -2SD dan berat badan dibawah garis kuning (antara 0 sampai -2SD). Anak sulit sekali makan, setiap makan hanya 4 sendok saja dan tidak mau minum susu. Keluarga pasien merupakan keluarga yang kurang mampu, dari PKM sendiri sudah mencoba memberikan intervensi pemberian susu tambahan namun tidak memberikan hasil yang optimal dikarenakan orang tua tidak memberikan susu tersebut dengan benar.

    Mohon asupannya TS, intervensi apakah yang sebaiknya saya lakukan untuk pasien ini.

    Terima kasih

20 September 2020, 20:31

Alo dr. Anon, izin ikut berdiskusi ya dok, untuk kasus stunting sendiri memang dapat disebabkan oleh banyak faktor dan perlu dilakukan anamnesis dan pemeriksaan mendalam untuk mengetahui apakah penyebab pastinya, sehingga nantinya bisa memberikan penanganan yang lebih sesuai. Untuk kasus stunting dengan penyulit dan atau infeksi berat, atau kasus stunting yang tidak membaik dengan pemberian nutrisi yang adekuat sebaiknya dapat dirujuk ke dokter spesialis anak ya dok untuk evaluasi dan penanganan lebih lanjut. Mungkin referensi ini bisa membantu ya dok.

https://www.alomedika.com/penyakit/kesehatan-anak/stunting/penatalaksanaan

https://fk.ui.ac.id/wp-content/uploads/2016/01/Buku-PKB-IDAI-Jaya-X.pdf

 

Izin turut menyimak dok🙏