Jangan Dilewatkan, Ini Jurnal Pediatri Tahun 2020 yang Harus Dibaca - Artikel Alomedika - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO, Dokter!Tim Alomedika telah meninjau beberapa artikel dan jurnal pediatri dari tahun 2020 yang patut Anda baca. Sebuah jurnal telah menantang dogma bahwa...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Jangan Dilewatkan, Ini Jurnal Pediatri Tahun 2020 yang Harus Dibaca - Artikel Alomedika

    02 Februari 2021, 10:41

    ALO, Dokter!

    Tim Alomedika telah meninjau beberapa artikel dan jurnal pediatri dari tahun 2020 yang patut Anda baca. Sebuah jurnal telah menantang dogma bahwa neonatus tidak dapat merasakan nyeri. Artikel bagus dari Kenya ini menunjukkan bagaimana mengembangkan bukti klinis tentang analgesik sehingga dapat diimplementasikan ke dalam pedoman neonatus, yang dapat diterapkan baik pada fasilitas kesehatan tersier maupun fasilitas kesehatan dengan sumber daya terbatas.

    Sebanyak 2 jurnal meneliti tentang penyakit paru-paru pediatri. Jurnal pertama menunjukkan bahwa antibiotik tidak diperlukan pada pneumonia komunitas ringan. Jurnal kedua meneliti tentang peran antibodi monoklonal untuk mencegah pneumonia yang disebabkan oleh respiratory syncytial virus (RSV) dan bronkiolitis pada bayi. Kedua hal ini dapat menjadi game changer dalam upaya pengendalian pneumonia, yang merupakan salah satu penyebab mortalitas pada bayi.

    Sementara itu, suplementasi vitamin D juga terlihat semakin populer akhir-akhir ini, sehingga kami meninjau data tentang hubungan antara vitamin D dan pertumbuhan anak usia dini.

    Terakhir, di masa pandemi COVID-19 ini, kami ingin mengajak teman sejawat untuk menyimak sebuah artikel perspektif mengenai pelajaran apa saja yang dapat kita petik dari program vaksinasi sebelumnya, yang dapat diterapkan dalam vaksinasi COVID-19 pada anak di Indonesia.

    Simak lebih lanjut di artikel Alomedika berikut ini:

    https://www.alomedika.com/kompilasi-artikel-dan-jurnal-pediatrik-tahun-2020-yang-perlu-anda-ketahui

    Jadi Dokter Andal dalam Genggaman! Salam Alomedika.

02 Februari 2021, 10:45
Terima kasih, dr. Ciho. Mungkin di tahun 2020 kemarin jurnal-jurnal ini terlewatkan karena semua media medis lebih berfokus pada COVID-19. Padahal, isi jurnal-jurnal yang dibahas di sini sebenarnya sangat menarik 👍
02 Februari 2021, 10:58

Betul, dr. Irene. Saatnya lebih terbuka dengan update info lain selain COVID-19 :D

04 Februari 2021, 10:49

Wah banyak yang menarik dok jurnalnya. Apakah tersedia full text nya?