Interpretasi Ct Value dalam Pemeriksaan RT-PCR pada COVID-19 - Artikel Alomedika - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO, Dokter!Pada kasus COVID-19, nilai cycle threshold atau Ct value umumnya dilaporkan juga sebagai bagian dari pemeriksaan RT-PCR. Ct value merupakan nilai...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Interpretasi Ct Value dalam Pemeriksaan RT-PCR pada COVID-19 - Artikel Alomedika

    22 April 2021, 07:25

    ALO, Dokter!

    Pada kasus COVID-19, nilai cycle threshold atau Ct value umumnya dilaporkan juga sebagai bagian dari pemeriksaan RT-PCR. Ct value merupakan nilai semikuantitatif yang dapat mengklasifikasikan konsentrasi materi genetik virus secara luas.

    Secara teknis, Ct value merupakan jumlah siklus yang terjadi saat grafik fluoresens menembus ambang batas (threshold). Pada spesimen dengan viral load yang tinggi, garis threshold akan lebih cepat ditembus, sehingga Ct value akan lebih kecil, sedangkan pada spesimen dengan viral load yang lebih rendah, Ct value akan lebih tinggi.

    Sejumlah studi menunjukkan bahwa Ct value yang lebih rendah berkaitan dengan prognosis COVID-19 yang lebih buruk, risiko infeksius lebih tinggi, progresivitas penyakit, dan peningkatan mortalitas. Akan tetapi, perlu diingat bahwa tiap alat, reagen, dan metode pengujian dapat menghasilkan Ct value yang berbeda-beda.

    Oleh karena itu, utilisasi Ct value tunggal tanpa disertai konteks klinis tidak dapat diandalkan untuk pengambilan keputusan manajemen atau menentukan risiko infeksius seseorang.

    https://www.alomedika.com/interpretasi-ct-value-dalam-pemeriksaan-rt-pcr-pada-covid19

22 April 2021, 10:27

semakin pintar berkat artikel Alomedika ^^