Bagaimana pemberian Imunoglobulin hepatitis B dan vaksin hepatitis B pada bayi baru lahir dengang ibu yang positif hepatitis B - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat pagi dok. Izin bertanya mengenai pemberian Imunoglobulin Hep. B dan Vaksin Hepatitis B. Pada kasus Hepatitis B exposed infant. Bagaimana jika kami...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Bagaimana pemberian Imunoglobulin hepatitis B dan vaksin hepatitis B pada bayi baru lahir dengang ibu yang positif hepatitis B

    10 Juni 2020, 08:10
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Selamat pagi dok. Izin bertanya mengenai pemberian Imunoglobulin Hep. B dan Vaksin Hepatitis B. 

    Pada kasus Hepatitis B exposed infant. Bagaimana jika kami tidak mendapatkan imunoglobulin Hepatitis B dalam 24 jam pertama dok? Apakah vaksin Hepatitis B tetap diberikan? Dan apakah bayinya tetap kami anjurkan IMD dok walaupun belum di beri Inj. Hepatitis imunoglobulin?

    Kemudian untuk injeksi vaksin Hepatitis B pada bayi seandainya lebih duluan diberikan dari pada hepatitis imonoglobulin apakah itu bisa dilakukan dok?  


    Mohon arahannya dok. Terima kasih 🙏

10 Juni 2020, 10:06

Alo dr. Anon!

Walaupun berdasarkan pedoman, HBIG diberikan 12 jam setelah kelahiran diikuti oleh vaksin rekombinan HBV sebanyak 3 dosis secara berseri. 

Namun, dari penelitian yang saya dapatkan. Pemberian HBIG secara tunggal maupun bersamaan tetap melindungi neonatus dari hepatitis B. Namun telaah sistemik yang dikeuarkan oleh WHO mengatakn bahwa pemberian imunoglobulin bersamaan dengan vaksin HepB memiliki proteksi yang lebih signifikan dibanding vaksin/imunogloblin saja. (https://www.who.int/immunization/sage/Lee_review_HepBinf_CD004790.pdf?ua=1, https://academic.oup.com/jac/article/70/2/396/2911296 )

Selain itu IDAI juga menyatakan bahwa untuk mencegah penularan, vaksin HepB tetap diberikan sesuai dengan jadwal. Dan pemberian Imunglobulin dapat diberikan bila keluarga mampu. Vaksin tetap diberikan sesuai dengan pedoman yang sudah ada saat ini. (https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/menyusui-pada-ibu-penderita-hepatitis-b)

 

Untuk IMD, berdasarkan IDAI penularan dari ASI sangat kecil sehingga tidak ada kotnraindikasi pemberian ASI pagi ibu dengan hepatitis B positif. 

 

 

10 Juni 2020, 10:14
Izin ikut berdiskusi ya dok,
Menurut sumber ini sebaiknya vaksin Hepatitis B tetap diberikan karena dapat mencegah transmisi HBV perinatal meskipun menurun efikasi nya bila dibandingkan keduanya diberikan.

https://www.cdc.gov/mmwr/volumes/67/rr/rr6701a1.htm

Untuk menyusui, WHO tetap menyarankan pemberian ASI pada bayi dr ibu dengan hepatitis B. Berikut saya lampirkan sumbernya ya dok

https://www.who.int/maternal_child_adolescent/documents/pdfs/hepatitis_b_and_breastfeeding.pdf?ua=1


Semoga membantu dok
10 Juni 2020, 13:42

Alo Dok, 

 

Pada bayi dengan ibu hepatitis B direkomendasikan diberikan HBIG dan vaksin hepatitis B paling baik di bawah 12 jam setelah lahir. HBIG diberikan sebanyak single dose sebanyak 0,5 ml IM pada 12 jam setelah lahir (sampai sebelum usia seminggu). Selanjutnya, imunisasi hepatitis B terus dilanjutkan sesuai jadwal imunisasi IDAI dok (yang terbaru tahun 2017). Kemudian disarankan untuk diperiksa ulang Anti Hbs dan HBsAg nanti pada usia 9 bulan.

 

Mengenai IMD dan menyusui tidak masalah dilakukan dok.

Ref: Permenkes no 52 tahun 2017 tentang eliminasi hep B dari ibu ke anak