Indikasi ranap bagi pasien demam dengue - Diskusi Dokter

general_alomedika

Mohon ijin bertanya senior dan rekan sejawat..Apakah indikasi Ranap buat penderita Demam Dengue ? Bila nilai NS1 Ag positif tanpa ada tanda tanda perdarahan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Indikasi ranap bagi pasien demam dengue

    20 Desember 2021, 08:25
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Mohon ijin bertanya senior dan rekan sejawat..

    Apakah indikasi Ranap buat penderita Demam Dengue ? Bila nilai NS1 Ag positif tanpa ada tanda tanda perdarahan dan nilai trombosit dalam batas normal apakah bisa di ranap kan?

20 Desember 2021, 10:15

Alo Dokter!

Dengue fever (DF) umumnya bersifat self-limiting disease dan sampai sekarang tidak terdapat terapi spesifik. Pasien DF dapat rawat jalan dan hanya diberikan penanganan simptomatik, rehidrasi cairan, dan tirah baring. Namun perlu diwaspadai jika terdapat warning sign, maka pasien harus segera dibawa ke rumah sakit.

Warning sign timbulnya renjatan DSS adalah:

  • Pusing berat, letargi, gelisah, atau perubahan perilaku secara mendadak
  • Sesak napas
  • Nyeri abdomen yang berat
  • Perdarahan, seperti petekie, purpura, ekimosis, epistaksis, perdarahan mukosa mulut, hematemesis, melena, menorrhea, serta haemoglobinuria/hematuria
  • Kulit lembab dan dingin
  • Akral pucat dan dingin (sianosis perifer)
  • Oliguria atau tidak buang air kecil selama lebih dari 4-6 jam.

Menurut Guidlines WHO mengenai demam dengue, pasien yang mungkin perlu dirawat di pusat perawatan kesehatan sekunder untuk observasi ketat, terutama saat mereka mendekati fase kritis. Ini termasuk pasien dengan tanda-tanda peringatan (warning sign), mereka dengan kondisi penyerta yang dapat membuat demam berdarah atau manajemennya lebih rumit (seperti kehamilan, bayi, usia tua, obesitas, diabetes mellitus, gagal ginjal, penyakit hemolitik kronis), dan mereka dengan sosial tertentu. keadaan (seperti tinggal sendiri, atau tinggal jauh dari fasilitas kesehatan tanpa sarana transportasi yang dapat diandalkan).

Berikut adalah sumber yang dapat menjadi bahan bacaan Dokter. Semoga membantu.

https://www.alomedika.com/penyakit/penyakit-infeksi/demam-dengue

https://www.who.int/tdr/publications/documents/dengue-diagnosis.pdf