Implan rambut pada survivor cancer posr chemo - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat sore Dokter, izin bertanya Dok, pada pasien wanita usia 45 tahun survivor dari Ca mamae stadium 3 post chemo 3 tahun yll, sekarang menanyakan apakah...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Implan rambut pada survivor cancer posr chemo

    22 Desember 2020, 16:34
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Selamat sore Dokter, izin bertanya Dok, pada pasien wanita usia 45 tahun survivor dari Ca mamae stadium 3 post chemo 3 tahun yll, sekarang menanyakan apakah bisa melakukan inplan rambut agar rambutnya bisa kembali banyak? untuk prosedur ini apakah ada persyaratan khususnya, Dok? dan kira2 berapa kali tindakan yang diperlukan dan berapa lama? Terima kasih.

22 Desember 2020, 16:46
dr. Johannes Albert B. SpBP-RE
dr. Johannes Albert B. SpBP-RE
Dokter Spesialis Bedah Plastik

Alo dokter.

Tindakan transplantasi rambut bisa dilakukan selama masih ada area donor (area dengan jumlah rambut yang cukup banyak). Pada kasus pasien dengan keganasan tentu hal yang perlu dipertimbangkan adalah ada tidaknya kemungkinan menjalani tindakan kemoterapi lanjutan di kemudian hari. Bila masih ada kemungkinan tersebut, sebaiknya prosedur transplantasi ini ditunda karena rambut akan kembali rontok setelah kemoterapi. Bila jumlah donor adekuat dan rambut yang ditransplantasikan sebagian besar berhasil, maka tindakan ini tidak perlu diulang lagi. Namun seiring berjalannya proses penuaan tentu pada akhirnya jumlah rambut akan semakin berkurang.