Trombositopenia, IgG dan IgM dengue negatif, apakah demam dengue masih mungkin? - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat malam dokter, Saya ingin bertanya tentang kasus di tempat praktek saya, ada anak usia 5 tahun, dengan demam sudah 5 hari dan flu-like syndrome, hasil...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Trombositopenia, IgG dan IgM dengue negatif, apakah demam dengue masih mungkin?

    05 Maret 2019, 20:43

    Selamat malam dokter, 

    Saya ingin bertanya tentang kasus di tempat praktek saya, ada anak usia 5 tahun, dengan demam sudah 5 hari dan flu-like syndrome, hasil lab awal menunjukkan PLT 103.000, WBC 2500, Hb 13.3 Hct 40.50, kemudian hari keesokan harinya PLT 102.000 dan lab lain tidak terlalu banyak berubah, di hari ketujuh demam dicek WBC normal, PLT 118.000, Hct 41.50, namun serologi Anti dengue nya negatif, baik IgM maupun IgG, dengan hasil seperti itu, apakah masih mungkin anak ini mengalami demam dengue atau mungkin yang lain? karena dokter spesialis anak yang merawat mengatakan kemungkinan masih bisa dengue jika serologinya dicek dalam 7 hari lagi, jika memang masih bisa, adakah sumber yang valid yang menyatakan hal ini? 

    Mohon informasinya dokter, terimakasih 🙏

06 Maret 2019, 07:11

Alo dokter!

Saya coba nimbrung sedikit... setau saya IgG dan IgM anti dengue ini hasilnya akan berbeda tergantung pada apakah ini infeksi sekunder atau primer.

Berikut saya lampirkan diagram yang menggambarkan kapan titer-titer anti dengue mulai naik.

Apabila hasil IgG dan IgM negatif, memang benar dok, masih mungkin terinfeksi dengue, misalnya karena sampel darah yang diambil terlalu dekat dengan onset infeksi virusnya. Jadi jika diasumsikan hari pengambilan sampel itu hari ke-0 dan titernya masih terlalu rendah untuk terdeteksi, maka pada pengambilan hari ke 6-7, hasil akan positif karena itu puncak peningkatan kadar titer IgM-nya. cmiiw.

06 Maret 2019, 07:29

ALo dokter!

Untuk hari ke-5 demam sebenarnya kalau IgM sudah mulai bisa terdeteksi, Dok... mungkin tergantung juga dengan kit pemeriksaan yang digunakan, jadi masih ada kemungkinan belum terdeteksi dari tes.

Bisa dilihat dari gejala klinis dan mencoba mencari kemungkinan infeksi virus lainnya yang bisa menyebabkan penurunan trombosit, Dok... kalau untuk dengue, biasanya suggestive kalau ada salah satu Ig M atau IgG yang positif, sementara confirmed dengue kalau pada pemeriksaan serial IgM atau IgG terjadi serokonversi, pemeriksaan PCR atau virus RNA positif.  (selbisa dibaca pada link berikut https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK143156/)

Dari CDC juga diinformasikan kalau infeksi dengue primer memang ditandai dengan "slow and low titer antibody response" -->  https://www.cdc.gov/dengue/clinicallab/laboratory.html

Semoga dapat membantu, Dok... :) 

07 Maret 2019, 20:28
Alo Dokter! 

saya coba menjawab ya Dok..
Pada kasus pasien di atas dimana  saat demam hari ke 7 serologis anti dengue menunjukan hasil negatif, masih dimungkinkan mengalami demam dengue salah satunya jika pasien bertempat tinggal atau pernah berkunjung ke daerah endemis dbd dalam kurun waktu masa inkubasi. 
Untuk melakukan deteksi dini / konfirmasi kasus dbd , dokter di Puskesmas mengacu pada Buku "Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian DBD di Indonesia Tahun 2017" dimana demam dengue, demam berdarah dengue maupun expanded dengue syndrome terkonfirmasi apabila diagnosis klinis diperkuat dengan sekurang-kurangnya salah satu pemeriksaan berikut menunjukan hasil positif :Isolasi virus dengue,HI test, IgG Dan IgM dan PCR atau NS1 dengue. 
dari sekian pemeriksaan di atas, ada pemeriksaan yg relatif mudah dan murah serta bisa terdeteksi pada saat hari pertama on set(hari pertama demam)  yaitu tes Antigen Non Struktural-1(NS1).
terimakasih.
salam ....CMIIW


07 Maret 2019, 20:42
berikut adalah Buku Pedoman DBD Kemenkes RI
null