Hubungan antara Keluhan Asam Lambung dan Meningkatnya Kecemasan - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo TS,Sebagai seorang Psikolog, seringkali saya menemukan adanya pasien yg mengeluhkan tentang kecemasan (ansietas) yg ia miliki. Dan setelah dilakukan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Hubungan antara Keluhan Asam Lambung dan Meningkatnya Kecemasan

    19 September 2020, 12:30
    Anonymous
    Anonymous
    Psikolog

    Alo TS,

    Sebagai seorang Psikolog, seringkali saya menemukan adanya pasien yg mengeluhkan tentang kecemasan (ansietas) yg ia miliki. Dan setelah dilakukan anamnesa, kecemasan ini berhubungan erat dengan kondisi medis umum yaitu berupa riwayat asam lambung. Berdasarkan patologi klinis, apakah ada hubungan antara gerd dengan ansietas? Apakah gerd merupakan direct causa utk ansietas? Untuk penanganannya, apakah sebaiknya ditangani gerdnya terlebih dulu atau ansietasnya terlebih dulu? Karena ada juga bbrp pasien yg mengalami kecemasan dan mengakibatkan kambuhnya asam lambung.

    Apakah teman2 dokter dan psikolog ada yg pernah menemui kasus spt ini? Mungkin bisa sharing pengalamannya.

    Tksh, 

20 September 2020, 22:13
dr. M. Iskandar. SpKJ
dr. M. Iskandar. SpKJ
Dokter Spesialis Psikiater
GERD seringkali menimbulkan kecemasan bahkan sampai dengan ketaraf panik dimana pasien mengeluh nyeri dada, berdebar-debar, sesak napas dan berkeringat dingin, seringkali kali pasien merasa nyawanya sudah diujung tanduk dan segera mencari pertolongan dokter dengan mendatangi IGD rumah sakit, namun dengan pemeriksaan dokter tidak ditemukan penyakit emergensi yg mengancam nyawa. secara medis psikiatri termasuk kedalam psikosomatik dinamakan demikian karena penyakit fisik nya dipengaruhi oleh faktor psikologis. Pengobatannya biasanya melibatkan. Internis, psikolog, dan psikiater. Mudah-mudahan penjelasan saya dapat membantu.