Pasien usia 32 tahun dengan keluhan tekanan darah tinggi - Diskusi Dokter

general_alomedika

Siang dok.. Ijin bertanya, ada pasien usia 32 mengeluhkan tensi tinggi dan cenderung pada diastolenya dari hasil pemeriksaan. Tensi rata-rata tiap kali...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien usia 32 tahun dengan keluhan tekanan darah tinggi

    05 Mei 2020, 13:36
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Siang dok.. Ijin bertanya, ada pasien usia 32 mengeluhkan tensi tinggi dan cenderung pada diastolenya dari hasil pemeriksaan. Tensi rata-rata tiap kali periksa 140/100mmHg atau 140/110mmHg. Kira-kira curiga ke arah mana ya dok diastole tinggi dengan usia muda? 

    Gejala lain tidak ada..


    Terima kasih..

05 Mei 2020, 14:04
dr.Andro Diasmada, Sp.JP
dr.Andro Diasmada, Sp.JP
Dokter Spesialis Jantung
Alodok
Pada usia muda ketika mengalami kondisi hipertensi memang kita harus berpikir ke arah penyebab sekunder, walaupun tetap ada kemungkinan kejadian hipertensi primer. Dari guideline ESC 2018 mengenai hipertensi, adapun penyebab sekunder yang sering adalah hiperladosteron, stenosis arteri renalis, CKD. Adapun kondisi lain yang mungkin menyebabkan hipertensi sekunder diantaranya cushing's syndrome, hiperparatiroid, koarktasi aorta, pheochromocytoma, dan fibromuscular dysplasia. Mungkin perlu digali lebih lanjut juga profil pasien tersebut mengenai riwayat mengkonsumsi obat2an dan lifestyle nya.
Demikian semoga membantu. Jika TS lain ada yang ingin menambahkan silakan..
05 Mei 2020, 14:52
dr.Andreas Jonathan, Sp.PD
dr.Andreas Jonathan, Sp.PD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Alodok, Pastikan juga pasien sudah istirahat cukup sebelum di tensi, tidak minum kopi/obat yg menyebabkan darah tinggi. Kalau bisa beli tensi di rumah untuk tensi sendiri di rumah sehingga dapat menyingkirkan white coat hypertension. Untuk penyebab hipertensi sekunder sudah dijelaskan oleh dr.andro, sp.jp :)).
05 Mei 2020, 15:01
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Baik dok, terima kasih banyak informasinya
05 Mei 2020, 15:41
dr.Liem Audi Natalino, SpJP, FIHA
dr.Liem Audi Natalino, SpJP, FIHA
Dokter Spesialis Jantung
Thx infonya dok